Dark/Light Mode

Program Pelestarian Alam PT KCN Di Marunda, Diapresiasi Kemenko Marves

Minggu, 5 Juni 2022 15:57 WIB
Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Menko Maritim dan Investasi Fatma Puspitasari. (Foto: Ist)
Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Menko Maritim dan Investasi Fatma Puspitasari. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Karya Citra Nusantara mendukung pelestarian alam berkelanjutan di wilayah Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Badan Usaha Pelabuhan (BUP) ini telah menjalankan gerakan penghijauan pelabuhan (green port).

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemerintah. Antara lain, Kementerian Kordinasi Maritim & Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, Kementerian Perikanan & Kelautan, Kantor OP. Utama Tanjung Priok, dan Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Koordinator Bidang Pengendalian dan Pemanfaatan Hutan Menko Maritim dan Investasi Fatma Puspitasari mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove ini. KCN dinilai ikut peduli dengan kondisi lingkungan.

Baca juga : Mendes Dan Dubes China Asyik Ngomongin Desa

"Inisiatif giat tanggung jawab sosial dan lingkungan khususnya pada giat penanaman mangrove ini merupakan kontribusi dunia usaha yang patut kita banggakan," kata Fatma dalam keterangannya, dikutip Minggu (5/ 6).

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo telah menegaskan target rehabilitasi mangrove nasional seluas 600 ribu ha pada tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bagian untuk menuju pada target presiden.

Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara Widodo Setiadi mengatakan, pihaknya sebelumnya telah melaksanakan penanaman bibit Mangrove Tahap I sepanjang 600 meter di perimeter selatan terminal umum PT KCN, pada tahun 2017.

Baca juga : Ayo, Awasi Anggaran Desa

"Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan atau disebut juga green port'" ujar Widodo.

Penanaman mangrove jenis rhizopora mucronata tahap II yang berlangsung awal Juni 2022 itu diikuti oleh penanaman tahap III di kawasan Pelabuhan KCN Marunda dan telah disesuaikan dengan desain yang terdapat dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KCN juga memberikan bantuan kemanusian dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 139.500.000 kepada PMI Jakarta Utara.

Baca juga : Partai Garuda: Apa Urgensinya Lemparkan Isu SARA?

Sebelumnya, di Pelabuhan PT KCN Marunda di Jalan Jayapura nomor 1 KBN Cilincing, Jakarta Utara sudah dilakukan penanaman bibit mangrove. Ini merupakan lanjutan program tahap II di Hutan Bakau yang berada di area Terminal Umum KCN pier 2 dan pier 3 sepanjang 1.100 meter.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.