Dark/Light Mode

Hasil Survei Tempo

Grab Ungguli Gojek Dalam Layanan Terbaik Bagi Gen Z Dan Milenial

Rabu, 15 Juni 2022 10:18 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara, dalam kategori pesan antar makanan GrabFood dan GoFood bersaing ketat, meraih nilai yang sama, masing-masing 45 persen. Sisanya, sebesar 10 persen dikuasai oleh ShopeeFood, yang relatif baru masuk pasar.

Ai menilai, adanya diskon dan promosi yang menjadi faktor-faktor yang menentukan pilihan pelanggan. Perebutan pangsa pasar pada layanan pembayaran digital lebih sengit.

OVO memimpin pasar pada 42 persen, diikuti GoPay (32 persen), ShopeePay dan Dana (masing-masing 11 persen), serta LinkAja (4 persen).

Ai menuturkan, untuk mengukur produk dan layanan terbaik, responden diminta mengevaluasi menggunakan skor dengan skala 1 (sangat buruk) hingga 5 (sangat bagus) terhadap masing-masing merek.

Baca juga : Dongkrak User, Smartfren Gandeng Vidio Dalam Layanan Streaming

Hasilnya menunjukkan bahwa di mata gen Z dan milenial, Grab unggul tipis dibanding layanan Gojek. Hal ini terlihat dari selisih mean score (angka rata-rata) atribut secara keseluruhan yang rata-rata relatif kecil, yakni di bawah 3 persen.

Keunggulan yang cukup signifikan terlihat pada Grab yang dinilai lebih baik pada beberapa atribut terkait tarif yang lebih kompetitif. Sedangkan pada atribut lainnya dinilai lebih unggul atau setara.

Secara lebih rinci, pada kategori transportasi online nilai keseluruhan Grab 4,16 lebih tinggi dibanding Gojek (4,12). Grab dinilai lebih baik pada atribut utama.

Yaitu, tarif dan program loyalty, kemudahan dan kenyamanan menggunakan aplikasi, kemudahan dan kecepatan mendapatkan driver, dan menerapkan protokol kesehatan yang baik selama pandemi

Baca juga : Sebaiknya Ganjar Merendahkan Hati

Pada kategori pesan-antar makanan, produk dan layanan GrabFood dinilai lebih baik yang mencapai 4,19 dibanding GoFood (4,11), dan ShopeeFood (4,04).

Grab dinilai kuat juga pada biaya antar yang kompetitif, promosi, program loyalty. Untuk kategori pembayaran digital, OVO meraih mean score (4,19), lebih baik dibanding GoPay (4,14) dan ShopeePay (4,13).

OVO dinilai lebih karena mudah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi, diterima di banyak tempatseperti toko dan restoran, menawarkan program loyalty yang menarik.

Kemudian, pada kategori belanja kebutuhan harian, GrabMart dengan skor 4,15 lebih unggul dari GoMart (4,09).

Baca juga : Sinarmas World Academy, 3 Lulusan Terbaik Raih Pendanaan Internasional

GrabMart unggul karena kemudahan dan kenyamanan penggunaan aplikasi, promo dan rewards yang menarik, pilihan metode pembayaran yang beragam, pilihan jadwal pengiriman.

Temuan di atas, menurut Ai, menunjukkan pertarungan dua decacorn Grab dan Gojek sangatlah ketat dalam memperebutkan pasar yang sama.

Hal ini disebabkan baik pengguna (buyer, user) maupun penyedia jasa (seller, provider) sebenarnya adalah komunitas digital yang sama.

"Sangat linier. Pengguna Grab dan semua layanannya merupakan pengguna utama OVO, begitu juga dengan GoPay yang digunakan oleh pengguna Gojek. Perbaikan dan inovasi di lini pembayaran akan mendongkrak loyalitas konsumen terhadap aplikasi supernya," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.