Dark/Light Mode

BP Jamsostek Jakarta Slipi Siap Berikan Layanan Terbaik Bagi Peserta JKP

Sabtu, 12 Maret 2022 11:21 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Terhitung sejak 1 Februari 2022, para pekerja yang terkena PHK sudah bisa mengajukan manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) untuk mendapatkan uang tunai, akses informasi kerja, dan pelatihan kerja.

Kepala Kantor Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Jakarta Slipi Achmad Fatoni memastikan, pihaknya siap memberikan layanan terbaik kepada peserta yang mengajukan program JKP, sepanjang pengajuan tersebut memenuhi syarat yang berlaku.

”Semoga program JKP ini benar-benar menjadi solusi bagi pekerja yang terkena masalah pemutusan hubungan kerja (PHK),” kata Fatoni, Sabtu (12/3).

Baca juga : Mulai Senin, Transjakarta Kembali Berlakukan Kapasitas 100 Persen

Dia berharap, perekonomian nasional segera pulih kembali seiring meredanya kasus Covid-19. Menurutnya, membaiknya ekonomi akan menekan angka PHK. "Sebaliknya, akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo mendampingi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah menggelar dialog bersama peserta penerima manfaat JKP di Gedung Pusat Pasar Kerja, Jakarta, Kamis (10/3).

Dialog digelar untuk mengetahui implementasi dan pengalaman pertama para peserta dalam mengajukan manfaat JKP.

Baca juga : Menaker Dan Dirut BP Jamsostek Gelar Dialog Bersama Penerima Manfaat JKP

Dalam kegiatan tersebut, hadir 10 orang perwakilan peserta yang telah mengajukan dan menerima manfaat JKP. Sementara perwakilan dari wilayah lain hadir melalui virtual conference.

Ida mengatakan, sudah ada 125 pekerja pekerja yang telah menerima manfaat cash benefit ini. Menurutnya, dari 125 orang itu, di antaranya sudah menerima bimbingan atau konseling untuk pasar kerja atau lowongan pekerjaan baru yang diinginkan. Artinya, mereka telah masuk ke manfaat kedua dari JKP, yaitu akses ke pasar kerja.

"Saya bersama Dirut BP Jamsostek melakukan silaturahmi dengan penerima manfaat program JKP, baik secara offline maupun online. Para pekerja ini didampingi pula oleh para Kadisnaker dan Deputi Direktur BPJamsostek di sembilan provinsi Indonesia," katanya dalam keterangan resminya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.