Dark/Light Mode

Adaptasi Teknologi Menuju Endemi, Youtap Indonesia Luncurkan Youtap POS

Selasa, 21 Juni 2022 16:38 WIB
Foto: Dok. Youtap
Foto: Dok. Youtap

 Sebelumnya 
Jika sebelumnya teknologi ini hanya dapat digunakan lewat tablet, pihaknya berinisiatif untuk menghadirkannya dalam telepon genggam yang penggunaannya lebih membumi. Sehingga fungsi menerima pembayaran tunai dan non tunai, membuat tampilan katalog produk hingga mengatur menu delivery maupun take away dapat diakses oleh para pelaku usaha mikro dan nano sekalipun.

“Kehadiran teknologi terbaru ini diharapkan akan melahirkan lebih banyak UMKM Kekinian yang siap beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada,” tambah Herman.

Saat ini, Youtap POS yang sekarang hadir semakin lengkap dan bisa digunakan melalui semua tipe device. Penggunaannya dari HP cukup diminati oleh pelaku usaha dengan skala bisnis mikro-kecil, yakni sebesar 45 persen.

Berbeda dengan merchant skala menengah seperti kafe dan restoran yang lebih menyukai POS dalam bentuk tablet, yaitu sebesar 55 persen.

Sekarang fiturnya sudah terintegrasi tidak hanya fitur kasir sampai supply chain melalui Belanja Stok, tapi juga ada pengaturan kurir Toko.

Baca juga : Silaturahmi Dengan Menag, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Lapor Hasil Muktamar VI

Fitur ini dapat membantu pelaku usaha untuk mengatur pengiriman dari segi jangkauan area pengantaran dan harga, serta jam operasionalnya.

Dari sisi ketertarikan pelaku usaha yang mengadopsi teknologi untuk pengelolaan usaha, nyatanya angka pertumbuhannya juga cukup tinggi.

Hal ini tercermin dari jumlah pertumbuhan merchant Youtap meningkat lebih dari 16 persen dan nilai transaksi turut bertambah mencapai 40 persen selama tahun berjalan 2022 (Januari hingga Juni 2022).

Salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi untuk mendorong adopsi solusi digital di UMKM adalah kerja sama Youtap dengan Sari Roti, produsen roti terbesar di Indonesia.

Sari Roti mengapresiasi kehadiran teknologi Youtap yang mampu memodernisasi UMKM Kekinian di ekosistemnya.

Baca juga : Covid-19 Di Negara Tetangga Melonjak Lagi, Indonesia Masih Terkendali

Chief Operating Officer PT Nippon Indosari Corpindo selaku produsen Sari Roti dan Sari Kue Arief Alfanto menuturkan, teknologi Youtap tidak hanya memberikan kemudahan dari sisi pelanggan, tetapi juga membantu para hawker (sebutan bagi pedagang gerobak keliling Sari Roti) serta proses bisnis dalam ekosistem Sari Roti menjadi lebih efektif, aman serta efisien.

Hal ini tentu mendorong lebih banyak hadirnya UMKM Kekinian yang berdaya karena adopsi digital yang tepat guna.

“Ke depan, kami akan terus memberikan berbagai kemudahan kepada pelanggan agar kami dapat terus memberikan yang terbaik bagi konsumen setia kami dalam penyediaan roti sehat dan berkualitas,” ujar Arief.

Di kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Christina Agustin mengatakan, berdasarkan data internal kementerian, sekitar 80 persen UMKM terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan yg lebih baik selama masa pandemi.

Bahkan, 59 persen yang tinggal di wilayah suburban sudah masuk ekosistem digital. Hal ini membuktikan bahwa penetrasi penggunaan digital telah memasuki berbagai daerah.

Baca juga : Menkominfo: Indonesia Tunjukkan Komitmen Tata Kelola Data

Transformasi digital UMKM yang semakin berkembang inilah yang mampu menjadi potensi besar di Asia Tenggara. Dalam hal ini, Youtap memiliki peran dalam menggeliatkan transfromasi digital untuk membangun ekosistem yang penuh inovasi bagi anak bangsa.

“Kami mengapresiasi Youtap dan saya berharap dapat menjadi kolaborasi untuk memfasilitasi transformasi digital bagi UMKM Indonesia. Saya mengajak agar kita semua mendampingi UMKM Indonesia dalam upaya melahirkan wirausaha tangguh serta membuat program UMKM buatan dalam negeri yang mampu memasuki pasar global,” ucapnya.

Kesadaran pelaku usaha untuk penggunaan solusi digital juga turut mulai meningkat. Data survei Youtap menunjukkan 7 dari 10 pelaku usaha menilai penting-nya penerimaan pembayaran QRIS dan penggunaan aplikasi POS untuk perkembangan usaha.

Perkembangan UMKM Kekinian dapat ditinjau lewat pertumbuhan fleksibilitas jenis usaha UMKM yang beragam hingga kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan digitalisasi yang ada.

Melalui kehadiran Youtap POS, pihaknya turut mendukung pertumbuhan UMKM agar semakin mantap dalam bertransformasi digital lewat solusi digital yang hampir semua fiturnya gratis dan mudah untuk diadopsi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.