Dark/Light Mode

Shopee Java In Paris Sukses Dilirik Ribuan Warga & Turis Prancis

Senin, 27 Juni 2022 18:50 WIB
Foto: Dok. Shopee Indonesia
Foto: Dok. Shopee Indonesia

 Sebelumnya 
Sejumlah produk fashion lokal terutama batik, memang menjadi produk utama yang dipajang di etalase Le BHV Marais. Beberapa brand batik UMKM lokal yang berpartisipasi seperti Danar Hadi, Shiroshima, dan Batik Keris, mendapat lonjakan penjualan saat pameran berlangsung.

“Selain batik, produk fashion UMKM lokal lainnya. Seperti tas anyaman juga menjadi barang favorit yang dibeli oleh para pengunjung,” jelas Chaleyssin.

Valerie menambahkan, beragam pertunjukan kebudayaan Indonesia melalui workshop di Java in Paris juga berjalan dengan sukses, hingga menyita perhatian media lokal di Prancis.

Semarak kebudayaan Indonesia yang ditampilkan melalui beberapa workshop juga berjalan dengan sukses dan mengundang decak kagum banyak orang.

“Kami juga mendapatkan pemberitaan yang baik terutama saat acara pembukaan,” jelas Valerie.

Baca juga : Jaga Kewarasan, Warga Ukraina Tertawakan Perang

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, event Java in paris merupakan komitmen Shopee terhadap UMKM lokal agar bisa naik kelas.

Pihaknya berharap, dukungan melalui program ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM lokal agar lebih banyak UMKM yang bisa dikenal di pasar internasional.

“Ini adalah waktunya bagi UMKM untuk tidak hanya berjaya di Indonesia, tapi juga bisa eksis di kancah internasional,” pungkas Handhika.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang membuka perhelatan Java in Paris mengatakan, event ini menjadi pencapaian baru bagi budaya dan produk UMKM lokal agar bisa dikenal di pasar Eropa.

“Melalui produk-produk UMKM ini, kita juga bisa memperkenalkan cerita dan nilai budaya, meskipun ini hanya sebagian kecil dari kekayaan budaya Indonesia yang begitu luar biasa,” ujar Gibran.

Baca juga : Pasca Gempa Sulbar, Andika Dirikan 118 Rumdin Prajurit

Acara yang diinisiasi oleh Shopee dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, dan Le BHV Marais ini menjadi pembuka jalan bagi UMKM lainnya yang juga membidik pasar luar negeri.

“Karena jalannya sudah terbuka, nanti tinggal bagaimana nanti dari Pemkot Solo dan Shopee bisa mengakomodir dan mendampingi dari packaging, branding, dan lain-lain, biar teman-teman UMKM bisa naik kelas. UMKM lokal yang sudah masuk BHV ini bisa jadi contoh,” ujarnya.

Selain pameran produk UMKM lokal, acara Java in Paris ini juga menyajikan berbagai workshop sebagai bagian dari rangkaian acara tersebut.

KBRI Paris menggelar sejumlah workshop mulai dari workshop kopi nusantara, pertunjukan tari dan musik tradisional, workshop membatik, hingga pencak silat. Ada pula beberapa pertunjukan tarian tradisional dari Sunda (Jawa Barat), Minangkabau hingga tarian Bali.

Rangkaian workshop ini diharapkan dapat semakin memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga Paris, Prancis. Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Paris Dethi Silvidah Gani mengatakan, antusiasme warga Paris dalam mengikuti workshop sangat besar.

Baca juga : Konser Kebangsaan Gus Muhaimin Disambut Meriah Warga Tangerang

“Mereka antusias dan senang datang ke workshop ini karena banyak juga yang penasaran ingin melihat langsung dan merasakan pengalaman Indonesia di sini,” ujarnya.

Java in Paris berhasil membawa ratusan produk UMKM lokal dan kebudayaan Indonesia menjadi sorotan publik dan media di kota fashion dunia, Paris.

Program yang mengusung tema ‘Indonésie - De Java, A Bali’ ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, BHV Marais, dan Shopee Indonesia, dalam mempromosikan produk kreatif dan budaya Indonesia ke pasar global.

Program ini akan diselenggarakan di Le BHV Marais sejak 8 Juni hingga 15 Juli 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.