Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Chandra Asri Wujudkan Pengelolaan Sampah Terintegrasi Berbasis Masyarakat

Kamis, 30 Juni 2022 23:01 WIB
Community Relation Manager PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Wawan Mulyana menjelaskan proses pengolahan sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). (Foto: Chandra Asri)
Community Relation Manager PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Wawan Mulyana menjelaskan proses pengolahan sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). (Foto: Chandra Asri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) menyerukan kembali pentingnya memilah dan mengelola sampah plastik untuk mengurangi timbulan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan mencegah sampah plastik bocor ke laut melalui program ekonomi sirkular. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu inisiatif yang dilakukan Chandra Asri yaitu pengelolaan sampah terintegrasi berbasis masyarakat dalam Program SAGARA serta fasilitas IPST-ASARI.

Community Relation Manager PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Wawan Mulyana menjelaskan, Program SAGARA yang memiliki arti laut dalam Bahasa Sansekerta, adalah sebuah program yang diinisiasi Chandra Asri untuk mengedukasi dan mendorong kebiasaan memilah sampah dari sumbernya. "Chandra Asri melibatkan masyarakat serta nelayan di sekitar Pantai Anyer untuk memilah sampah rumah tangga dan juga mengangkut sampah plastik yang mereka temukan saat melaut," katanya, di Anyer, Cilegon, Banten, Kamis (30/6).

Baca juga : Puan: Jamin Hak Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Papua

Menurutnya, sampah yang terkumpul dikonversikan menjadi tabungan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari melalui kerjasama Chandra Asri dengan Bank Sampah Digital, sebuah Social Enterprise Pengelola Sampah Kering. Sedangkan sampah plastik lainnya yang tergolong low-value dikirim ke IPST ASARI untuk dipilah kembali sesuai jenisnya, kemudian dicacah dan diolah dengan mesin pirolisis menjadi bahan bakar jenis Bensin Plas, Minyak Tanah Plas, dan Solar Plas. Lewat program ini, sampah bernilai ekonomi rendah seperti sampah kantong kresek, yang tidak diminati pengepul karena berat jenisnya yang ringan, pun tetap dapat bermanfaat dan memberikan nilai tambah.

“Kami percaya bahwa permasalahan sampah dapat diatasi dengan keterlibatan berbagai pihak. Program SAGARA dan IPST ASARI ini merupakan satu rangkaian pengelolaan sampah terintegrasi (end-to-end plastic waste management) yang tak terpisahkan, mulai dari pemisahan, pengumpulan hingga pengolahan sampah menjadi produk bernilai yang dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat,” tutur Wawan.

Baca juga : Kemendagri Pastikan RUU Pemekaran Papua Berikan Ruang Afirmasi OAP

Sejak September 2021 hingga saat ini, Program SAGARA berhasil memberikan dampak positif antara lain 10 ton sampah daur ulang terkelola yang mana 3,7 ton di antaranya adalah sampah plastik. Sebanyak 222 kepala keluarga atau 812 orang telah menerima manfaat dari program tersebut.

Bersama kelompok masyarakat KSM Sehati Maju Bersama, Chandra Asri mengelola IPST ASARI yang mampu menampung hingga 8.000 kg sampah plastik per bulan dan mengolahnya dalam mesin pirolisis dengan kapasitas 100kg per batch. Selain berasal dari program SAGARA, bahan baku sampah plastik yang dipasok ke IPST ASARI juga berasal dari sampah rumah tangga warga sekitar dan sampah perkantoran dari Site Office Chandra Asri.

Baca juga : Menteri Teten : Lewat Koperasi, Pengelolaan SDA Terus Dilakukan Secara Berkeadilan

Hingga Mei 2022, fasilitas IPST ASARI telah berhasil mengalihkan 12.816 kg sampah plastik dari TPA dan mengubahnya menjadi 4.936 liter BBM Plas melalui proses pirolisis. Selain itu, 10 lapangan kerja tercipta serta sebanyak 2.898 orang telah menerima manfaat dari keberadaan fasilitas pengolahan sampah ini.

“Berbagai inisiatif keberlanjutan yang dilakukan Chandra Asri ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap Pemerintah yang telah menetapkan target nasional pengurangan sampah sebanyak 30 persen dan penanganan sampah sebanyak 70 persen pada 2025 serta pengurangan 70 persen sampah plastik laut pada tahun 2025,” tutup Wawan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.