Dark/Light Mode

Generasi Milenial Dan Investor Ritel Kuasai 60 Persen Saham Di Pasar Modal, Ini Tips Investasi Yang Tepat

Rabu, 6 Juli 2022 20:39 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Foto: Dok. Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa sangka, rentang usia di bawah 30 tahun, generasi milenial dan generasi setelahnya, menjadi kelompok investor yang menguasai sekitar 59,8 persen saham di pasar modal.

Hal tersebut terungkap dari data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) per Mei 2022, di mana kelompok usai tersebut secara demografi mendominasi hampir 60 persen investor pasar modal dari total penduduk di Indonesia.

Baca juga : Delegasi Misi Dagang AS Jajaki Peluang Baru Di Pasar Indonesia

Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan, dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho mengatakan, investor kelompok ini terbilang cukup besar, meski dana yang diinvestasikan relatif masih kecil, yaitu sekitar Rp 53,77 triliun.

Sementara, jumlah invesatasi yang berasal dari investor dengan rentang usia 60 tahun yang mencapai 27,5 persen atau sebesar Rp 553 triliun.

Baca juga : Anugerah Pewarta Foto Indonesia Digelar Di Medan, Ini Pemenangnya

“Investor ritel dan para milenials berperan sebagai penopang peran pembiayaan dalam menggerakkan perekonomian nasional. Selama ini pergerakan ekonomi di Tanah Air masih bertumpu pada aktivitas penyaluran kredit perbankan,” jelas Priyanto dalam acara LPS-FORWADA Discussion Series 2022, yang digelar Forum Wartawan Daerah (FORWADA), bekerja sama dengan LPS dan Opatan Komunika Sejahtera (OK’S Consultant), Rabu (6/7).

Lebih jauh Priyanto menuturkan, saat ini cukup berat bagi Indonesia, agar tetap dapat menjaga pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen bahkan lebih tinggi.

Baca juga : AirAsia Rute Kuala Lumpur Mendarat Di Bandara Yogyakarta

Mengingat, kondisi sosial politik di tingkat global hingga kini masih berdampak bersar terhadap laju pertumbuhan ekonomi domestik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.