Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihadiri Pangdam II Sriwijaya Dan Pj Bupati Muba

RHM Gelar Sosialisasi Cegah Karhutla Di Desa Muara Medak

Sabtu, 9 Juli 2022 15:20 WIB
Sosialisasi Cegah Karhutla Di Desa Muara Medak. (Foto: Ist)
Sosialisasi Cegah Karhutla Di Desa Muara Medak. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Rimba Hutani Mas (RHM) dan Pemerintah Desa Muara Medak menggelar sosialisasi kebakaran hutan kebun dan lahan.

Acara yang digelar di gedung serbaguna Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir, Muba, Jum'at (8/7) pagi ini dihadiri Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Pj Bupati Muba Apriyadi, Danrem Garuda Dempo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, dan Dandim 401/Muba Letkol Arm Dede Sudrajat.

Masyarakat yang hadir menerima pembelajaran mengenai bahayanya kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunlah), serta cara mencegah dan menanggulangi Karhutbunlah dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Camat Bayung Lencir M Imron, serta Kapolsek Bayung Lencir IPTU Deby Apriyanto.

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi memberikan, motivasi kepada masyarakat Desa Muara Medak dengan menceritakan kisah masa kecilnya yang pernah menjual pempek.

Baca juga : Dongkrak Industri Pariwisata Dan Kuliner, Pertamina Gelar Lomba Masak

"Maksud saya, cerita saya ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Desa Muara Medak untuk tetap optimis dalam mengejar kesuksesan. Marilah kita manfaatkan lahan yang ada dengan tanaman yang cocok, terutama sekali tidak membuka lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Agus juga mengingatkan, kebakaran hutan kebun dan lahan berdampak buruk kepada masyarakat itu sendiri. "Kita yang merasakan, kalau sudah terjadi, penggunaan alat seperti heli Hater Boombing pun tidak efektif. Maka dari itu kita lakukan terus tindakan Preventif," ujarnya.

Agus menganalogikan lahan itu seperti bunga yang cepat layu jika tidak dirawat, "Lahan jika kita rawat dengan baik, maka lahan ini akan baik. Jika tidak di rawat dengan baik maka bisa menjadi bencana bagi kita. Kalau lahan ini bermanfaat, maka bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," tutupnya.

Sementara, Pj Bupati Muba, H Apriyadi mengucapkan terimakasih kepada Pangdam II Sriwijaya yang telah bersedia hadir ke Desa yang berada di pelosok Muba, Desa Muara Medak.

Baca juga : Gulkarmat Jakpus Sosialisasikan Pencegahan Kebakaran di 38 Lokasi

"Kami mengajak terutama masyarakat Desa Muara Medak, Masyarakat Muba umumnya menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan kebun dan lahan. Mari kita sama-sama menjaga lingkungan kita. Lebih baik kita mencegah daripada menanggulangi. Silahkan gunakan lahan yang ada, tapi jangan membuka lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Sementara, Kepala Perencanaan dan Pencegahan Karhutla PT RHM, Alex Fatra mengatakan bahwa pihaknya bersiap siaga dalam menghadapi musim kemarau tahun 2022. Perseroan juga mencoba merangkul seluruh masyarakat yang berkebun dan beraktivitas di hutan untuk bersama-sama melakukan pencegahan. 

“Kegiatan patroli dan pemantauan di zona-zona rawan, kami juga melakukan pemantauan hotspot, pemantauan cuaca dan mendata areal-areal yang kami anggap rawan dengan menempatkan posko-posko terpadu yang bekerjasama dengan instansi Pemerintah, dalam hal ini Kecamatan, TNI, Polri, KPH dan Manggala agni. Pencegahan kebakaran ini diharapkan bisa di capai Zero Fire," terangnya.

Dia berharap dengan adanya program- program yang dirancang dan dibangun di desa-desa rawan kejadian kebakaran ini dapat ditekan dan tidak terjadi lagi kedepannya khususnya di Desa Muara medak," tutupnya.

Baca juga : Ragukan Data Luhut, Banteng Jabar Sosialisasikan Ganjar Puan Di 2024

Dalam sosialisasi ini dilaksanakan juga penyerahan Al-Qur'an, Juz Ama, dan buku kepada masyarakat yang langsung secara simbolis diserahkan oleh Pangdam II Sriwijaya, Danrem Garuda Dempo, dan PJ Bupati Muba.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.