Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertahankan Predikat WTP Ke-15 Kali

AKHLAK Sukses Kebut Transformasi Di BUMN

Kamis, 14 Juli 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: ANTARA).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-15 kalinya secara berturut-turut. Capaian ini bisa menjadi modal Erick Thohir untuk mempercepat transformasi perusahaan pelat merah.

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah menilai, capaian Kementerian BUMN itu tak lepas dari budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) yang ditanamkan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurutnya, budaya AKHLAK memang harus menjadi pondasi bagi BUMN maupun kementerian. Khususnya dalam melakukan transformasi, dan menciptakan pengelolaan anggaran yang baik.

Baca juga : Pesan Megawati Ke TNI AL: Jaga Terus Pancasila Dan NKRI

“Jika sudah meraih WTP sebanyak 15 kali berturut-turut, setidaknya menjadi indikator penggunaan anggaran Kementerian BUMN yang cukup sehat,” kata Piter kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pemberian WTP, sambung Piter, bukan hanya terkait pengelolaan anggaran yang baik. Tapi juga pengawasan internal, perbaikan data, sense of crisis, serta Sumber Daya Manusia (SDM)-nya sukses menjalankan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

“Ke depan, bagaimana semua ini dilaksanakan secara konsisten dan melibatkan sebanyak mungkin berbagai generasi di dalamnya,” kata Piter.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas, Lulusan Unas Siap Hadapi Transformasi Digital

Selanjutnya, predikat WTP harus menjadi tolak ukur bagaimana BUMN mengelola anggaran dengan sehat dan optimal.

Transformasi BUMN bakal mulus jalannya, jika semua pihak turut berkontribusi di dalamnya. Melalui kepimpinan Menteri Erick, BUMN-BUMN bergerak dan memiliki visi yang sama dalam transformasi,” tegasnya.

Sebelumnya, Erick Thohir menyebut, segala transformasi di Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah selama tiga tahun terakhir, merupakan hasil kerja sama dengan BPK.

Baca juga : Presiden Jerman Apresiasi Transformasi Digital Indonesia

Erick mengaku tak berpuas diri meski berhasil mempertahankan predikat opini WTP.

“Kami berharap dukungan penuh dari BPK untuk terus membantu dalam melanjutkan transformasi ini,” kata Erick dalam keterangan resminya, Sabtu (9/7).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.