Dark/Light Mode

Gandeng Mitra Strategis, BI Siap Akselerasi UMKM di Pasar Global

Sabtu, 13 Juli 2019 16:04 WIB
Talkshow “UMKM Menembus Pasar Internasional” dengan pembicara dari BI, Dirjen Bea Cukai, BNI, perusahaan e-commerce KU Ka dan Bawadi Coffee, UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh. Talkshow ini merupakan rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019. (Foto: Humas BI)
Talkshow “UMKM Menembus Pasar Internasional” dengan pembicara dari BI, Dirjen Bea Cukai, BNI, perusahaan e-commerce KU Ka dan Bawadi Coffee, UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh. Talkshow ini merupakan rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019. (Foto: Humas BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah, Bank Indonesia (BI), perbankan, perusahaan e-commerce beserta UMKM Binaan dan Mitra BI sepakat untuk mengakselerasi UMKM di pasar global melalui empat fasilitas.

Pertama, peningkatan kualitas produk UMKM sesuai dengan negara tujuan ekspor. Kedua, kemudahan prosedur ekspor berikut pemahaman regulasi dan prosedur dimaksud, serta program pendampingan dan pelatihan. Ketiga, peningkatan pemahaman tatacara dan prosedur pembiayaan ekspor. Keempat, pemanfaatan  platform digital untuk memperluas pemasaran.

Baca juga : Ini Strategi Pemprov DKI Atasi Pencemaran Udara

Hal ini dirumuskan dalam Talkshow “UMKM Menembus Pasar Internasional” yang diselenggarakan di Jakarta, Sabtu (13/7). Kegiatan talkshow ini merupakan rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 dengan pembicara dari BI, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, BNI, perusahaan e-commerce KU Ka dan Bawadi Coffee, UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh.

Pengembangan UMKM yang dilakukan oleh BI, dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir dengan pendekatan klaster, wirasuaha atau pendekatan Local Economic Development (LED).

Baca juga : Dukung BI, Shopee Bantu UMKM Tembus Pasar Global

Untuk lebih fokus dalam mengembangkan UMKM, BI telah menyusun peta jalan UMKM dan membangun database profil UMKM. Peta ini penting untuk menerapkan kebijakan UMKM, berdasarkan klasifikasi UMKM yang telah disusun.

Klasifikasi UMKM ini menghasilkan pola yang seragam dalam pengembangan UMKM yang dibagi dalam empat level, yaitu UMKM Potensial, UMKM Sukses, UMKM Sukses Digital, dan UMKM Sukses Ekspor.

Baca juga : Gandeng Bukalapak, Apkasi Online-kan UKM Daerah

Melalui sinergi Pemerintah, Bank Indonesia, perbankan, perusahaan e-commerce beserta UMKM Binaan dan Mitra BI, UMKM Indonesia dapat menembus pasar global serta mendukung pengelolaan defisit transaksi berjalan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pameran KKI 2019 berlangsung mulai Jumat, 12 Juli hingga Minggu, 14 Juli 2019, di Hall A, Jakarta Convention Center. Masyarakat dapat mengunjungi pameran dimaksud tanpa dipungut biaya masuk area pameran mulai 09.00 – 21.00 WIB (Sabtu, 13 Juli 2019) dan 09.00 – 20.00 WIB (Minggu, 14 Juli 2019). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.