Dark/Light Mode

Ini Strategi Pemprov DKI Atasi Pencemaran Udara

Sabtu, 13 Juli 2019 09:12 WIB
Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Agung Pujo Winarno (kiri) dalam acara talkshow tentang Kualitas Udara DKI Jakarta, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (12/7). (Foto: Antara)
Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Agung Pujo Winarno (kiri) dalam acara talkshow tentang Kualitas Udara DKI Jakarta, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (12/7). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membuat sejumlah strategi untuk mengatasi pencemaran udara di Ibu Kota.

"Pemprov selalu berusaha meningkatkan perbaikan kualitas udara di DKI Jakarta. Karena kita semua peduli terhadap kondisi kualitas udara di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta," kata Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Agung Pujo Winarno dalam acara talkshow mengenai Kualitas Udara DKI Jakarta, di Jakarta, Jumat (12/7).

Baca juga : Pemprov DKI Kok Nekat Bangun Stadion Persija?

Beberapa strategi yang dimaksud di antaranya adalah meningkatkan layanan angkutan umum massal, mulai dari MRT yang fase keduanya juga sedang berjalan dan kendaraan umum massal lainnya.

Strategi berikutnya adalah dengan meningkatkan perlengkapan uji emisi kendaraan bermotor, dan penambahan ruang hijau serta penanaman pepohonan yang dapat menyerap PM 2,5 di udara, yang dikeluarkan oleh sebagian besar dikeluarkan oleh asap kendaraan bermotor.

Baca juga : IKM Serap 60 Persen Tenaga Kerja Industri

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga berupaya meningkatkan integrasi ruang terbuka hijau dengan jalur pedestrian. Karena itu, Pemprov DKI berharap masyarakat bisa mulai beralih menggunakan kendaraan umum massal, seiring peningkatan jalur pedestrian yang nyaman bagi warga.

Agung mengatakan, saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang merencanakan pengadaan bus TransJakarta berbahan bakar listrik. "Strategi ini diharapkan dapat mengurangi emisi sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di DKI Jakarta," ujarnya.

Baca juga : Gandeng Lemigas, Pertagas Susun Strategi Pengembangan Usaha

Talkshow tentang kualitas udara Jakarta digelar sebagai salah satu rangkaian acara yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019.

Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019 yang mengambil tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku" itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 11-13 Juli 2019. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.