Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dukung Ekonomi Berkelanjutan

Kuartal 1 2022, Pembiayaan Hijau Bank Mandiri Capai Rp 209,8 T

Rabu, 20 Juli 2022 20:19 WIB
Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi. (Foto: Dok. Bank Mandiri)
Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi. (Foto: Dok. Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi menyatakan dukungannya terhadap transisi ekonomi hijau di Tanah Air.

Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah dan industri global yang mendorong peningkatan pembiayaan berkelanjutan, tren ekonomi hijau pun konsisten meningkat.

Berita Terkait : Dukung PP Ekonomi Kreatif, Bank Mandiri Tunggu Aturan Turunannya

Darmawan mengatakan, secara langsung hal ini berdampak pada permintaan pembiayaan berkelanjutan atau sustainable financing yang ikut naik.  

Ia merinci, pada kuartal I 2022 kontribusi perseroan terhadap pembiayaan berkelanjutan dan pembiayaan hijau masing-masing sebesar Rp 209,8 triliun (24,9 persen dari total kredit Bank Mandiri) dan Rp 96,8 triliun (11,5 persen dari total kredit Bank Mandiri).

Berita Terkait : Pemerintah Sesuaikan Tarif Pungutan Ekspor CPO Dan Turunannya

“Bank Mandiri secara konsisten terus melanjutkan komitmen untuk menjaga dan meningkatkan prinsip keuangan berkelanjutan (sustainable finance) yang dapat berkontribusi secara langsung terhadap industri keuangan nasional,” ucapnya di Jakarta, Rabu (20/7).

Ia menjelaskan dengan mengembangkan pembiayaan yang selaras dengan POJK 51/2017, Roadmap NDC/NZE Indonesia, serta framework ESG (Environmental, Social and Governance) yang mengacu pada best practices.

Berita Terkait : Dukung Ekonomi Berkelanjutan, Jamkrindo Dorong Peternak Di Yogyakarta Jadi Entrepreneur

Bank Mandiri sambung Darmawan,  berharap dapat terus mendorong transisi dan pertumbuhan perekonomian hijau di dalam negeri untuk mencapai aspirasi sebagai pemimpin pasar pembiayaan berkelanjutan di Indonesia.  
 Selanjutnya