Dark/Light Mode

Pertamina Hulu Mahakam Juara Upstream Fire and Rescue Challenge 2022

Kamis, 21 Juli 2022 22:59 WIB
Latihan memadamkan api. (Dok. Pertamina Hulu Mahakam)
Latihan memadamkan api. (Dok. Pertamina Hulu Mahakam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Zona 8 PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sukses menjadi yang terbaik dalam Upstream Fire and Rescue Challenge (UFRC) 2022 yang digelar sejak 18-21 Juli di HSE Training Center (HSE TC) Sungai Gerong, Palembang, Sumatera Selatan.

PHM berhasil keluar menduduki peringkat pertama setelah unggul di sebagian besar skenario pemadaman kebakaran dan penyelamatan.

Wakil Ketua Pantia dan Inisiator UFRC 2022 Surahman, mengungkapkan UFRC membuka mata manajemen bahwa ternyata masing-masing zona memiliki kemampuan HSSE yang berbeda.

Untuk itu, evaluasi dari kegiatan ini adalah bisa membantu dibuat perencanaan lebih komperehensif untuk bisa meningkatkan standar kemampuan HSSE atau meratakan semua kemampuan di setiap zona.

Baca juga : Kinerja SKK Migas Moncer

“Memang secara kemampuan ada beberapa menonjol misalnya skill tali menali, rescue, fire fighting itu memang tugas kami melihat gap itu dari subholding akan setarakan prosedurnya biar semuanya bisa sama,” kata Surahman, Kamis (21/7).

Dia menuturkan seluruh peserta sebenarnya sudah menujukkan kemampuan rescue diatas standar yang telah diterapkan, hanya saja tim PHM mampu menaikkan standar tersebut melalui raihan penilaian yang memuaskan.

Dia menilai sejak awal sistem di PHM sudah berjalan baik dan secara skill knowledge individu juga unggul.

"Termasuk bebrapa cabang (skenario tantangan) yang mungkin tim lain susah, mereka sudah kuasai, mereka punya sarana fasilitas lengkap. Tim lain mungkin fokus di fire tapi mereka sudah siap di skenario lainnya," ungkap Surahman.

Baca juga : Pertamina Tampilkan Eksistensinya Di Foire Internationale D'Alger 2022

UFRC inilah kata dia salah satu tujuan utamanya untuk bisa berbagi pengetahuan tentang HSSE yang sangat krusial penerapan dan implementasinya di bisnis migas.

Menurutnya, salah satu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan membuat skill HSSE masing-masing pekerja sama adalah dengan memanfaatkan fasilitas dan infrastruktur yang ada di HSE TC Sungai Gerong, salah satu fungsi dibawah Pertamina Corporate University dan Direktorat Sumber Daya Manusia Pertamina.

“Kami akan dorong, masing-masing zona rutin latihan jadi nggak di HSE TC Sungai Gerong. Di sini fasilitas alat lengkap mulai dari rescue, fire fighting atau water rescue kami dorong kesini aja setiap zona itu jadi kompetensi training bisa sama,” jelas Surahman yang juga sebagai Senior Analyst Emergency Response Crisis Management (ERCM) PHE.

Sementara itu, Rachmad Dany, Kapten dari tim Zona 8 PHM, menuturkan pada dasarnya perwira PHM selalu dalam kondisi siap siaga.

Baca juga : Agustus, Transvision Bakal Gelar The TX Surabaya Road Bike Challenge 2022

Menghadapi UFRC 2022 ini, tim zona 8 mengintensifkan berbagai skenario rescue bersama dengan para profesional berpengalaman di perusahaan.

“Kami seminggu intensif latihan dilatih senior yang punya experience lebih lalu setiap evaluasi kami belajar karena tujuan utama sharing ilmu dari sini kita dapat teknik yang kita pakai. Nggak update jadi update tanya ke panitia dan lainnya,“ jelas Rachmad.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.