Dark/Light Mode

Mendag Yakin Pesanan Bakal Melonjak 56 Kali Lipat

Beli Sembako Di Pasar Bisa Lewat Tokopedia

Selasa, 26 Juli 2022 06:30 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Biro Humas Kemendag).
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Biro Humas Kemendag).

 Sebelumnya 
“Selama ini kita panen terus, tidak ada yang beli karena tidak tahu jualnya ke mana. Nah, digitalisasi ini mempermudah dan memperpendek rantai dis­tribusi,” ujarnya.

Dalam upaya transformasi pasar tradisional itu, Zulhas menargetkan kisah sukses pasar yang menggunakan sistem digital agar ditularkan ke pasar lain.

Baca juga : Jejak Pembangunan Kapal MV Iriana Patut Ditiru Perusahaan Lain

“Kami di Kementerian Per­dagangan pasang target sejuta pemberdayaan pedagang yang terhubung secara digital,” ujar Zulhas.

Dia juga berharap, sistem digitalisasi pasar tradisional bisa diterapkan di seluruh wilayah di Pulau Jawa untuk tahap perta­ma. Jika sukses, sistem tersebut bisa diterapkan di pulau-pulau lainnya.

Baca juga : Kalau Ganjar Dipecat, Ratingnya Bisa Loncat

Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edi­son mengatakan, pihaknya sudah bekerja sama dengan 10 pasar tradisional untuk menerapkan sistem digitalisasi.

Menurutnya, semua pedagang bisa mengakses sistem tersebut dengan mudah. Namun, jika me­merlukan pendampingan, pihaknya bakal siap membantu penerapan sistem digital tersebut.

Baca juga : Pelonggaran Prokes Bakal Kerek Mobilitas Wisatawan

“Order tahun 2021 naik seki­tar 56 kali dibandingkan tahun 2020. Sedangkan penjualan ta­hun 2021, naik hingga 92 persen dibandingkan tahun 2021,” ungkap Leontinus. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.