Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendag Yakin Pesanan Bakal Melonjak 56 Kali Lipat

Beli Sembako Di Pasar Bisa Lewat Tokopedia

Selasa, 26 Juli 2022 06:30 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Biro Humas Kemendag).
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: Biro Humas Kemendag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng Tokopedia untuk mengimplementasikan program digitalisasi pasar tradisional. Acara tersebut digelar di Pasar Baru Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampai­kan, digitalisasi perdagangan di pasar tradisional akan memudah­kan transaksi antara penjual dan pembeli secara daring.

Baca juga : Jejak Pembangunan Kapal MV Iriana Patut Ditiru Perusahaan Lain

Menurutnya, Ibu-ibu yang ma­las berbelanja ke pasar bisa ber­transaksi jual beli dari rumah.

“Belanja sembako lewat Toko­pedia mempermudah ibu-ibu belanja dari rumah tanpa perlu repot ke pasar. Tentu dengan har­ga yang tetap terjangkau,” kata Zulhas-sapaan Zulkifli Hasan, saat membuka kegiatan Imple­mentasi Pemanfaatan Digitalisasi Dalam Sistem Pembayaran dan Distribusi.

Baca juga : Kalau Ganjar Dipecat, Ratingnya Bisa Loncat

Menurutnya, dengan perda­gangan secara daring, proses jual beli yang dilakukan peda­gang dan pembeli menjadi lebih efisien. “Pesanan bisa naik 56 kali lipat,” imbuhnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyam­paikan, pemanfaatan digitalisasi dalam sistem pembayaran dan distribusi sangat diperlukan untuk memasarkan komodi­tas. Khususnya sembako ke masyarakat yang lebih luas.

Baca juga : Pelonggaran Prokes Bakal Kerek Mobilitas Wisatawan

Dia mencontohkan, melalui jualan daring, komoditas per­tanian di Jawa Barat seperti ketela atau ubi, dapat dibeli langsung oleh pembeli di luar Pulau Jawa.

Menurutnya, digitalisasi per­dagangan juga berdampak pada efisiensi rantai pasok distribusi barang. Sehingga membuat har­ga menjadi lebih kompetitif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.