Dark/Light Mode

Ingin Jadi King of Rice, Bulog Bangun 10 Unit Pabrik Beras Modern

Selasa, 26 Juli 2022 08:48 WIB
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. (Foto: Dok. Istimewa)
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. (Foto: Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perum Bulog sudah membangun 10 unit pabrik penggilingan dan pengolahan beras modern (Modern Rice Milling Plant/MRMP) di daerah-daerah sentra produksi padi Indonesia.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pembangunan tersebut dilaku kan dalam rangka menjalankan penugasan dari Pemerintah sebagai penjamin ketersediaan, keterjangkauan dan stabilitas harga pangan.

Baca juga : PUPR Ingin NTT Jadi Lumbung Pangan Baru Di Luar Pulau Jawa

Khususnya komoditas beras. Salah satu infrastruktur itu, berlokasi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang sudah mulai beroperasi sejak awal Juli 2022.

Rencananya, Bulog akan menambah 3 unit lagi sehingga to talnya menjadi 13 unit MRMP.

Baca juga : Jaga Lingkungan, Bukit Asam Bangun Botanical Garden Di Lahan Bekas Tambang

“Bulog akan menjadi King of Rice atau Raja Perberasan Na sional. Untuk itu, kami sedang fokus membangun infrastruktur penggilingan dan pengolahan gabah beras,” ujar Buwas, sapaannya, dalam keterangannya, Jumat (22/7).

Ia menjelaskan, kehadiran infrastruktur MRMP akan mem bantu petani dan menyederhana kan alur proses pengolahan beras yang terpusat.

Baca juga : Investasi Rp 60 M, Chateraise Indonesia Bangun Pabrik Di Citeureup

Yaitu, pengolahan gabah hasil panen dalam satu sistem pengelolaan berbasis teknologi modern. Fasilitas itu terdiri dari, mesin pengering (dryer), penggilingan padi (Rice Milling Unit/RMU) sebagai mesin konversi gabah menjadi beras, dan teknologi penyortir warna (color sorter).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.