Dark/Light Mode

Imbau Masyarakat Jangan Panik Soal PMK

Bulog Pastikan Daging Bekunya Aman Dikonsumsi

Rabu, 27 Juli 2022 15:14 WIB
Talk Show Panik PMK? Daging Frozen Kerbau Alternatif Sumber Protein dan Gizi Masyarakat yang Aman di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7). (Foto: Dok. Perum Bulog)
Talk Show Panik PMK? Daging Frozen Kerbau Alternatif Sumber Protein dan Gizi Masyarakat yang Aman di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7). (Foto: Dok. Perum Bulog)

 Sebelumnya 
Ia menegaskan, pihaknya secara rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK untuk meyakinkan bahwa daging beku dari India memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

"Saat tiba di Indonesia, daging kerbau langsung diperiksa tiap kontainer oleh Balai Karantina Tanjung Priok Kementerian Pertanian dan diberi sertifikat," imbuhnya.

Baca juga : Ajak Masyarakat Pakai Kendaraan Listrik, PLN Gelar Parade di Bali

Febby menilai, dengan jumlah stok daging kerbau beku yang dikuasai Bulog saat ini, atau sebanyak 57 ribu ton telah berhasil membantu mengatasi kebutuhan lonjakan permintaan dan harga daging beku. "Khususnya, mulai dari Ramadhan dan Idul Fitri hingga saat ini," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Kementerian Pertanian Nuryani Zainuddin menyampaikan, PMK pada hewan tidak membahayakan kesehatan manusia. Sehingga, daging dan susu tetap aman untuk dikonsumsi.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dinobatkan Sebagai Bapak UMKM

“Produk hewan yang diolah dengan penanganan yang benar, mampu membunuh virus sehingga aman untuk diedarkan. Penanganan yang benar ini juga dapat mendukung upaya pencegahan penyebaran PMK pada hewan dan lingkungan sekitar," ujar Nuryani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.