Dark/Light Mode

Imbau Masyarakat Jangan Panik Soal PMK

Bulog Pastikan Daging Bekunya Aman Dikonsumsi

Rabu, 27 Juli 2022 15:14 WIB
Talk Show Panik PMK? Daging Frozen Kerbau Alternatif Sumber Protein dan Gizi Masyarakat yang Aman di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7). (Foto: Dok. Perum Bulog)
Talk Show Panik PMK? Daging Frozen Kerbau Alternatif Sumber Protein dan Gizi Masyarakat yang Aman di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7). (Foto: Dok. Perum Bulog)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perum Bulog mengimbau masyarakat agar tidak perlu panik terhadap isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang mewabah di Indonesia.

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita memastikan, daging frozen kerbau yang diimpor dari India aman dan bebas dari PMK. Sehingga, daging ini dapat menjadi alternatif sumber protein dan gizi masyarakat yang aman.

Baca juga : Ajak Masyarakat Pakai Kendaraan Listrik, PLN Gelar Parade di Bali

"Sebelum dikirim ke Indonesia, daging kerbau yang kami impor ini dipastikan hanya berasal dari supplier yang telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan izin untuk memasok ke negara Indonesia dari Kementerian Pertanian," ujarnya, dalam Talk Show yang diadakan Food Hotel Indonesia bertema “Panik PMK? Daging Frozen Kerbau Alternatif Sumber Protein dan Gizi Masyarakat yang Aman”, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/7).

Ia menegaskan, dirinya dan tim langsung terbang ke India untuk melakukan pemeriksaan langsung proses penelusuran dan pemotongan dan transportasi produksi hewan ternak di India.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dinobatkan Sebagai Bapak UMKM

Selain itu, tim juga telah melakukan inspeksi dari tahap peternak hingga rumah produksi di daerah yang dipilih secara acak untuk memeriksa prosedur yang dilaksanakan oleh pemasok daging beku.

"Produk daging beku ini juga harus dan telah memenuhi kriteria kesehatan hewan dan dinyatakan layak di konsumsi manusia (fit for human consumption), sebagaimana dinyatakan dalam sertifikat kesehatan (Health Certificate) dari Lembaga Veteriner di India," jelasnya.

Baca juga : Ini Kata Bek Persija Soal Pola Latihan Ala Thomas Doll

Febby menambahkan, demi meyakinkan lagi terhadap kondisi daging kerbau beku yang diimpor Bulog dari India dan juga menyikapi maraknya pemberitaan terhadap PMK yang menyerang ternak sapi di beberapa daerah, Bulog pun melakukan uji PCR (polymerase chain reaction) di Pusat Veteriner Farma secara berkala.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.