Dark/Light Mode

Zulhas: Harga Migor Di Semarang Rata-rata Sudah Di Bawah Rp 14 Ribu

Rabu, 27 Juli 2022 15:36 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) saat meninjau harga minyak goreng di Pasar Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/7). (Foto: Humas Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) saat meninjau harga minyak goreng di Pasar Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/7). (Foto: Humas Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengumumkan, harga minyak goreng curah di Semarang, Jawa Tengah rata-rata sudah berada di bawah Rp 14 ribu/liter.

Sejumlah harga barang kebutuhan pokok (bapok) juga terpantau turun dan stabil.

"Harga minyak goreng curah saat ini, sudah di bawah Rp 14 ribu/liter. Yaitu di kisaran Rp 12.000 hingga Rp12.500 per liter dan Rp 13 ribu/liter. Di Pasar Gayamsari, pedagang menjual minyak goreng curah dengan menggunakan botol-botol plastik. Sehingga, harganya nambah Rp 500/botol. Kalau harganya Rp 12 ribu/liter, dengan kemasan botol menjadi Rp 12.500/liter. Ini karena harga minyak sudah murah," jelas Zulhas dalam keterangan resminya, Rabu (27/7).

Hasil pantauan menunjukkan, harga sejumlah komoditas bapok di Pasar Gayamsari relatif stabil, jika dibanding bulan lalu.

Baca juga : Mendag Zulkifli Hasan: Minyak Goreng Curah Di Jateng Rata-Rata Turun Jadi Rp 12.500 Per Liter

Beras medium kini Rp 10 ribu/kg, beras premium Rp 12.500/kg, telur ayam ras Rp 28 ribu/kg.

Sejumlah harga komoditas bapok lainnya, juga terpantau turun.

Gula pasir turun 3,70 persen menjadi Rp 13 ribu/kg, minyak goreng curah sudah sesuai HET turun 16,13 persen menjadi Rp 11.700/liter, minyak goreng kemasan turun 8,70 persen menjadi Rp 21 ribu/liter, dan tepung terigu turun 9,09 persen menjadi Rp 10 ribu/kg.

Cabe merah keriting turun 13,33 persen menjadi Rp 75 ribu/kg, cabe rawit merah turun 35,29 persen menjadi Rp 55 ribu/kg, bawang merah turun 27,27 persen menjadi Rp 40 ribu/kg, bawang putih turun 8,33 persen menjadi Rp 22 ribu/kg, dan daging sapi turun 3,85 persen menjadi Rp 125 ribu/kg.

Baca juga : Kader Demokrat Kota Bandung Ramai-ramai Mundur dan Bakar Seragam

Seorang pedagang, Ibu Istikharah, mengemas minyak goreng curah dalam kemasan botol. Agar tidak mudah pecah.

Menurutnya, harga minyak goreng - baik curah maupun kemasan premium - sudah mulai turun.

“Alhamdulillah, harga minyak goreng saat ini sudah banyak yang turun. Semoga, semakin banyak harga-harga lain yang turun," ucapnya.

Ibu Bowo, pengunjung pasar yang juga memiliki usaha kecil nasi rames, juga happy dengan penurunan sejumlah harga bapok.

Baca juga : Mendag Klaim Harga Migor Berangsur Turun

"Alhamdulillah, minyak goreng sudah banyak yang turun. Harga bawang merah juga sudah turun," tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.