Dark/Light Mode

Yang Curah Mau Dihapus

Semoga Harga Migor Kemasan Tak Lebih Mahal

Selasa, 21 Juni 2022 07:35 WIB
Pemerintah bakal menghapus minyak goreng (migor) curah dan menggantinya dengan migor kemasan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Pemerintah bakal menghapus minyak goreng (migor) curah dan menggantinya dengan migor kemasan. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebijakan Pemerintah yang bakal menghapus minyak goreng (migor) curah dan menggantinya dengan migor kemasan, diapresiasi. Migor kemasan sederhana dianggap lebih baik ketimbang migor curah.

“Kalau dilihat dari segi higienis dan kebersihan sih bagus. Masyarakat tidak sembarangan mengkonsumsi minyak yang tidak higienis,” ungkap politisi PDIP Agus Ambo Djiwa.

Agus Ambo yang juga Koordinator Presidium Badan Pimpinan Pusat Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (BPP Pispi) ini mengatakan, migor curah berpotensi bisa tercampur dengan bahan-bahan lain. Jika tercampur, tidak steril dan kurang baik untuk kesehatan.

Baca juga : Migor Curah Diganti Kemasan Tak Masalah, Yang Penting Harganya Nggak Naik

Kendati begitu, harga peralihan migor curah ke minyak kemasan tidak boleh terlalu tinggi. Jika memungkinkan, harganya harus sama dengan harga migor curah.

“Yang penting harganya nggak naik, atau jangan sampai harganya lebih mahal dari curah. Kalau kemasannya saja paling berapa, apalagi ada intervensi dari pemerintah, pasti harganya tidak naik,” ujarnya.

Meski begitu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PDIP Sulawesi Barat ini menyarankan, agar Pemerintah menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait.

Baca juga : Yang Penting Terjangkau

Hal itu dilakukan, agar tidak ada pihak yang merasa diuntung­kan maupun dirugikan dengan kebijakan penghapusan migor curah ini.

“Supaya tidak menjadi kontroversi di masyarakat, semua pihak diajak bicara. Kalau minyak goreng curah dihapus, ada pengusaha kecil tidak mendapatkan minyak curah lagi. Bisa tidak punya kerjaan dan akan nganggur,” kata Agus Ambo.

Seperti diketahui, Pemerintah berencana menghapus migor curah. Rencana itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga : Sebaiknya Fokus Kendalikan Harga

Luhut mengatakan, penghapusan migor curah rencananya akan dilakukan bertahap untuk beralih ke migor kemasan sederhana. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.