Dark/Light Mode

Toyota Bakal Gelontorin Investasi Rp 27,1 Triliun

Lobi Airlangga Dan Agus Ke Jepang Berbuah Manis

Kamis, 28 Juli 2022 06:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation dalam pertemuan dengan Menko Airlangga di Tokyo, Jepang (26/07). (Dok: Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation dalam pertemuan dengan Menko Airlangga di Tokyo, Jepang (26/07). (Dok: Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ke Jepang, berbuah manis. Perusahaan otomotif raksasa di Negeri Sakura, Toyota Motor Company (TMC) menyampaikan rencananya menggelontorkan investasi ke Indonesia sebesar Rp 27,1 triliun.

Investasi itu akan dikucurkan selama 5 tahun ke depan. Dana ini akan digunakan untuk mengem­bangkan kendaraan listrik.

Vice Chairman of the Board of Directors of Toyota Motor Corporation (TMC) Shigeru Hayakawa berharap, dengan pe­nambahan investasi, Pemerintah Indonesia memahami keseriusan TMC dalam mengembangkan kendaraan listrik.

Baca juga : PLN Happy, Pemerintah Peduli Sama Masyarakat

Pernyataan ini disampaikan Hayakawa saat melakukan per­temuan dengan Menko Pereko­nomian Airlangga Hartarto di Tokyo, Jepang, Selasa (26/07).

Turut hadir dalam pertemuan ini, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Duta Besar RI di Jepang Heri Ahmadi, Sesmenko Perekonomian Susi­wijono Moegiarso, dan Dirjen Ketahanan, Perwilayahan & Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindus­trian Eko SA. Cahyanto.

Sedangkan dari TMC, Shigeru Hayakawa, didampingi Presi­den Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TM­MIN) Warih Andang Tjahjono.

Baca juga : Pencairan PEN Capai Rp 95,13 Triliun Hingga 3 Juni 2022

Selain membahas investasi, kedua belah pihak membicara­kan upskilling kemampuan engineer Toyota di Indonesia.

Seperti diketahui, Toyota telah membangun xEV Center pada Mei 2022 untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian sumber daya manusia lokal terkait elektri­fikasi dan kesiapan menghadapi era digitalitasi.

Bekerja sama dengan Pertamina dan Inalum, Toyota telah berupaya membangun industri baterai di Indonesia melalui peningkatan keahlian engineer lokal.

Baca juga : Kinerja GoTo Berada Di Jalur Yang Benar

“Toyota Indonesia juga berusaha semaksimal mungkin mengembangkan SDM lokal dan teknologi untuk mobilitas yang direpresentasikan oleh elektri­fikasi,” ujar Hayakawa.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik ren­cana Toyota menambah investasi pembangunan kendaraan listrik.

Airlangga optimistis permintaan kendaraan listrik roda empat maupun roda dua di Indonesia dan kawasan ASEAN ke depan akan terus meningkat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.