Dark/Light Mode

Lakukan Energize Tahap Akhir

PLN UIP Jawa Bagian Barat Operasikan GI Full Digital Pertama Di Indonesia

Selasa, 2 Agustus 2022 16:42 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB), melalui Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Barat 4 (UPP JBB 4) resmi melakukan pemberian tegangan (energize) tahap terakhir Gardu Induk Digital (GID) 150 kV (kiloVolt) Sepatan II, Banten.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan, proses energize tersebut tepat dilakukan pada Senin (1/8) sore guna memperkuat sistem ketenagalistrikan di Kabupaten Tangerang, Banten.

Baca juga : Program TJSL, PLN UIP Jawa Bagian Barat Buka Lagi Toko Kue Milik Fingertalk

Adapun, energize tahap pertama dilakukan pada 30 November 2021 di bayline#2 dan trafo#2, dilanjutkan energize tahap kedua awal Agustus dan terakhir di bayline#1 dan trafo#1.

"Ini merupakan Gardu Induk dengan teknologi mutakhir dan pertama di Indonesia karena menerapkan teknologi full digital pada GI konvensional, dengan penggunaan Fiber Optik," ujar Octavianus dalam keterangannya, Selasa (2/8).

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Pendataan Awal Pembangunan Transmisi SUTT Tigaraksa

Ia menuturkan, GID 150 kV Sepatan II ini bentuk inovasi PLN yang memberikan banyak kelebihan. Seperti lebih aman, lebih minim potensi gangguan, monitoring operasional lebih mudah, identifikasi gangguan lebih cepat dan tepat serta proses pembangunan menjadi lebih cepat.

Menurutnya, perbedaan tidak hanya terletak dari unit bayline dan trafonya saja, melainkan secara keseluruhan karena teknologi yang digunakan juga mengalami peningkatan.

Baca juga : Presiden Timor Leste Tegaskan Ingin Perkuat Hubungan Dengan Indonesia

Misalnya, di tahap pertama merupakan teknologi sistem semi digital, yakni masih digunakannya CT (Current Transformer) dan VT (Voltage Transformer) Konvensional. Serta, menggunakan MU (Merging Unit) untuk mengubah data analog menjadi digital atau Sample Value (SV).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.