Dark/Light Mode

Program TJSL, PLN UIP Jawa Bagian Barat Buka Lagi Toko Kue Milik Fingertalk

Jumat, 29 Juli 2022 08:52 WIB
Toko kue milik Komunitas Tuna Rungu. (Foto: dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat)
Toko kue milik Komunitas Tuna Rungu. (Foto: dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menyalurkan bantuan kepada komunitas tuli bernama Fingertalk.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP JBB, Basuki Widodo mengatakan, melalui program PLN Peduli atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) pihaknya membantu komunitas tuli untuk memulai kembali usaha kuliner yang sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

"Bantuan ini dialokasikan Fingertalk untuk menghidupkan kembali toko kue dan roti yang mati suri. Toko direnovasi agar lebih representatif dan membuat nyaman konsumen yang berkunjung," ujarnya, dalam keterangannya, Jumat (29/7).

Baca juga : Program KPRS FLPP Diusulkan Firman Berahima, Disetujui Saifei Zein

Kini, toko berlogo warna jingga itu mulai dikunjungi sejumlah pembeli sejak dibuka kembali pada Sabtu (23/7).

Di dalamnya, beberapa anak muda melayani konsumen. Mereka bekerja dalam diam, dan hanya berkomunikasi melalui isyarat tangan serta gerak bibir.

Chief Financial Officer (CFO) Fingertalk, Lisma mengaku, sejak pandemi Covid-19, omzet menurun drastis dan terpaksa harus ditutup.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Pendataan Awal Pembangunan Transmisi SUTT Tigaraksa

“Kami tidak bisa berbuat banyak. Teman-teman tuli juga jadi banyak yang tidak punya penghasilan sama sekali saat itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Fingertalk merupakan komunitas difabel yang memiliki tujuan untuk menyediakan lapangan pekerjaan, terutama bagi mereka yang berkebutuhan khusus, terutama kelompok tuli.

Sebagai informasi ada sebanyak 74 persen orang tuli usia produktif di Indonesia tidak bekerja, dikarenakan stigma sosial dan keterbatasan komunikasi.

Baca juga : PLN UIP JBB Bantu UMKM Depok Hadirkan Camilan Inovatif

"Ini yang menjadi penggerak Fingertalk untuk memberi mereka kesempatan dan bekal agar dapat terjun ke masyarakat," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.