Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Pemkab Tangerang, PLN UIP Jawa Bagian Barat Koordinasi Penlok SUTT Tigaraksa

Sabtu, 18 Juni 2022 13:52 WIB
Foto: Dok. PLN UIP JBB
Foto: Dok. PLN UIP JBB

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)  atau PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) mengharapkan dukungan seluruh pihak terkait rencana penambahan saluran transmisi, yaitu Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV (kilovolt) Tigaraksa II – Tigaraksa.

Untuk itu, dihelat Rapat Koordinasi Tim Persiapan Pengadaan Tanah terdiri dari Dinas dan Badan Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Camat dan Kepala Desa yang wilayahnya terlintasi rencana pembangunan, pada Kamis (15/6).

Tujuannya, untuk mengulas terkait urgensi rencana pembangunan dan tahapan apa saja yang perlu dilakukan sampai terbitnya penetapan lokasi.

Baca juga : Intiland Kembangkan Kawasan Industri Baru Batang Industrial Di Jateng

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengapresiasi dukungan positif seluruh Tim Persiapan penetapan lokasi Kabupaten Tangerang.

“Saat ini, anggaran untuk pembangunan telah siap dan rencana proyek ditargetkan rampung tahun 2023. Sehingga, kami berharap adanya percepatan proses penetapan lokasi,” ujarnya, melalui siaran pers, Sabtu (18/6).

Ia menjelaskan, Gardu Induk (GI) 150 kV Tigaraksa II saat ini telah siap namun jalur transmisi yang digunakan untuk pembebanan listrik ke instalasi tersebut belum tersedia. Karenanya, dukungan dari pemangku kepentingan terkait sangat dibutuhkan demi kelancaran pembangunan proyek.

Baca juga : PLN UIP JBB Gelar Konsultasi Publik Transmisi Looping

Mengingat, dalam pelaksanaannya, kerap menemui sejumlah kendala. “Dibangunnya SUTT ini sangat krusial untuk mempercepat penyaluran listrik ke pelanggan,” tuturnya.

Ia memastikan, pembangunan yang dilakukannya telah melalui proses perencanaan dan survei yang komprehensif. Sehingga, pihaknya mengutamakan percepatan terhadap proyek-proyek yang memiliki peran penting dan memberi dampak besar bagi masyarakat. Serta, menyokong roda perkonomian Tanah Air.

Dengan digelarnya rapat koordinasi ini, kata dia, selanjutnya akan dilaksanakan tahapan persiapan penetapan lokasi dan penjadwalan detail setiap tahapan pengadaan lahan.

Baca juga : Hari Minggu Sidak Pasar Kelapa Dua Tangerang, Mentan: Ketersediaan 12 Komoditas Pokok Aman

Ia berharap, adanya sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang ini mampu membuat proses yang dijalankan dapat lancar dan perseroan bisa segera melaksanakan konstruksi SUTT 150 kV Tigaraksa II – Tigaraksa. Begitu juga dengan dukungan instansi lain dan masyarakat terkait menjadi poin penting dalam kelancaran pembangunan.

"Untuk mewujudkan listrik dan meningkatkan keandalan sistemnya, bukan hanya tugas PLN tetapi juga dibutuhkan sinergi dari seluruh pihak," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.