Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Punya Potensi Besar Ekonomi Syariah

Erick: Mau Sampai Kapan, Market Kita Cuma Nguntungin Negara Lain?

Kamis, 4 Agustus 2022 21:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengatakan, lembaga yang dipimpinnya terus menjalankan ikhtiar, dalam memperkuat peran untuk mengembangkan dan memperkuat perekonomian dan keuangan syariah di bumi Indonesia.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Erick menilai, Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian syariah dan ekosistem industri halal.

"Jangan sampai, bangsa kita hanya menjadi market bagi negara lain. Jangan sampai, bangsa kita hanya jadi penonton. Inilah yang harus kita rajut dan perkuat," ujar Erick dalam Milad 22 Tahun MES, Kamis (4/8).

Baca juga : Tembakau Punya Potensi Ekonomi Sangat Besar, Tapi Belum Maksimal Dimanfaatkan

Dengan market dan sumber daya yang besar, Erick bertekad menjadikan Indonesia, sebagai pemain besar dalam industri halal dunia.

Selama ini, Indonesia bahkan tak masuk dalam sepuluh besar produsen industri halal dunia. Namun, bercokol di peringkat keempat negara dengan konsumsi produk halal dunia.

"Mau sampai kapan, market kita hanya menjadi sumber bagi pertumbuhan ekonomi negara lain. 10 besar kita tidak masuk. Malah Brazil, Amerika Serikat (AS), dan Taiwan masuk. Ini harus menjadi intropeksi kita bersama," papar Erick.

Baca juga : Jangan Sampai Kampung Malah Jadi Markas Covid

Menurutnya, hal ini selaras dengan tema ulang tahun MES ke-22: akseleratif, kolaboratif, dan kontributif.

Erick berkeyakinan, MES dapat membangun sistem ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif. Serta mampu menjadi pendorong bagi para wirausaha muslim, untuk menjadikan moslempreneur yang produktif, menjadi roda penggerak umat di Indonesia.

Untuk merealisasikan dan mengakselerasikan hal tersebut, MES bersama BUMN dan masyarakat harus bisa bergotong-royong dan berkolaborasi. Sehingga, kita bisa bersama-sama dapat memberikan manfaat, dan kontribusi yang lebih besar lagi bagi bangsa dan masyarakat.

Baca juga : Tingkatkan Ekonomi Warga, Jokowi: Mari Hijaukan Mandalika Dan Pulihkan Lingkungan

Dengan gotong-royong, Erick optimistis, umat yang mayoritas di negeri ini tidak hanya menjadi buih. Tetapi juga mampu menjadi ombak dalam ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Ini demi mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur, dan Mendunia. Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun ke-22 untuk Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)," tandas Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.