Dark/Light Mode

Harita Nickel dan Unkhair Dukung Rehabilitasi Hutan Mangrove di Halmahera Selatan

Rabu, 10 Agustus 2022 20:59 WIB
Kegiatan penanaman bibit mangrove di Desa Awanggo, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan yang diinisiasi Harita dan Unkhair, Rabu (10/8). (Dok. Harita Nickel)
Kegiatan penanaman bibit mangrove di Desa Awanggo, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan yang diinisiasi Harita dan Unkhair, Rabu (10/8). (Dok. Harita Nickel)

 Sebelumnya 
Usman juga berharap Harita Nickel dan mahasiswa Unkhair dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk membantu meningkatkan kapasitas dan membangun kapabilitas masyarakat dalam memberdayakan hutan mangrove.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair, M Janib Achmad menyatakan rehabilitasi hutan mangrove berbasis masyarakat dan pemberdayaan masyarakat pesisir merupakan salah satu solusi dalam menjaga keberlanjutan ekosistem mangrove di wilayah pesisir.

Baca juga : Ganjar Tanam 3.500 Bibit Mangrove Di Pantai Mangkang

Menurut Janib mangrove memiliki banyak manfaat bagi lingkungan di sekitar pesisir pantai.

“Satu helai daun mangrove bisa 5 hingga 7 kali menarik karbon biru dibanding daun biasa dan di sisi lain mangrove juga menjadi tempat berlindung dan berkembang biaknya biota-biota laut yang ada di sekitar pesisir pantai,” kata Janib.

Baca juga : Lestari: Turunkan Angka Stunting, Pelibatan Swasta Harus Transparan

Sehingga, lanjut dia kegiatan rehabilitasi hutan mangrove seperodiharapkan dapat memberikan sumber penghidupan bagi masyarakat melalui kekayaan biota laut yang semakin terjadi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.