Dark/Light Mode

Kompak Tekan Inflasi

BI Ajak Kepala Daerah Gelar Operasi Pangan

Kamis, 11 Agustus 2022 06:30 WIB
Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pemangku kepentingan lainnya menggelar kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. (Foto: Istimewa).
Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pemangku kepentingan lainnya menggelar kegiatan Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Senada dengan Gubernur BI, Andreas Eddy Susetyo, menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas upaya Bank Indonesia bersama dengan Pe­merintah Pusat dan Daerah. Serta otoritas terkait dalam mengendalikan inflasi pangan khususnya pada Gernas PIP.

Andreas turut menekankan perlunya melibatkan masyarakat dalam menggelorakan semangat kegotongroyongan untuk mengendalikan inflasi pangan dimulai dari tingkat rumah tangga, Pemerintah Daerah dan Pusat. “Sinergi dan kolaborasi berbagai pihak akan menjadi modal utama dalam mengatasi permasalahan inflasi,” katanya.

Baca juga : Kominfo Ajak Semua Lapisan Masyarakat Paham Literasi Digital

Sementara Khofifah menyam­paikan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama TPID Provinsi Jawa Timur dan seluruh stakeholders turut mendukung upaya stabilisasi harga. Juga senantiasa bersinergi menjaga terkendalinya inflasi pangan.

Hal tersebut, menurut Khofi­fah, membutuhkan strong part­nership dan komitmen seluruh elemen terkait di dalam neg­eri. Dalam upaya pengenda­lian inflasi pangan, diperlukan implementasi kebijakan riil yang bisa dirasakan langsung oleh para petani dan peternak.

Baca juga : Mendagri Apresiasi Kepala Daerah Atasi Masa Krisis

Mengawali implementasi Gernas PIP dalam pengendalian inflasi, Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi dan TPID Provinsi di seluruh Jawa me­nyepakati perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) di Jawa Timur.

Kemudian, komitmen ber­sama pelaksanaan operasi pasar serentak, pencanangan gera­kan Urban Farming 77.000 bibit cabe. Selain itu, juga pe­nyampaian program Dedikasi untuk Negeri berupa sarana prasarana teknolog digital farming dan greenhouse sebagai pendukung pengembangan klaster di Jawa Timur.

Baca juga : Yayasan Wakaf Al Muhajirien Jakapermai Gelar Operasi Katarak Gratis

Selanjutnya, implementasi GNPIP akan dilakukan juga di provinsi-provinsi lain hingga akhir tahun 2022. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.