Dark/Light Mode

BRI Ventures Salurkan Investasi Seri A Ke Startup AgriAku

Kamis, 25 Agustus 2022 16:29 WIB
Foto: Istimewa)
Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - BRI Ventures menyalurkan investasi Seri A melalui Dana Ventura Sembrani Kiqani ke startup agrikultur berbasis teknologi, AgriAku.

AgriAku menjembatani kebutuhan sarana produksi pertanian (saprotan) di seluruh Indonesia yang dapat dipesan kapan pun dan di mana pun. Didirikan oleh Irvan Kolonas dan Danny Handoko pada pada Mei 2021, PT AgriAku Digital Indonesia hadir sebagai perusahaan agribisnis lokal terkemuka di Indonesia.

Baca juga : Sebelum Investasi, Dengar Tips LPS Nih…

Melalui jejaring pendistribusian yang terintegrasi dengan baik, AgriAku berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan saprotan bagi para mitra dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, sektor pertanian di negara ini kontribusinya sebesar 13,7 persen dari PDB 2020.

Namun, pasar pertanian hulu sangat terfragmentasi dengan rantai nilai yang tidak terorganisir. Co-Founder dan President Agriaku Irvan Kolonas mengatakan, hal ini mengakibatkan seringnya terjadi ketidakstabilan pasokan dan harga.

Baca juga : DKI Terapkan Tarif Integrasi Antarmoda Rp 10 Ribu

Selain itu, mereka juga menghadapi masalah rendahnya efisiensi kerja manual, layanan logistik yang tidak memadai, serta terbatasnya akses pembiayaan.

“Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, AgriAku menyediakan platform B2B marketplace, menghubungkan produsen dan pemasok agar dapat menyediakan langsung alat tani ke pengecer (Toko Tani) dengan harga kompetitif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (25/8).

Baca juga : KRAFT Quick Melt Hadirkan Kreasi Bersama Keluarga

Kemudian Toko Tani akan mendistribusikan langsung produk ke para petani di lapangan. Sebagai info, Dana Ventura Sembrani Kiqani hadir sebagai bentuk inisiatif BRI Ventures yang berkomitmen untuk memberikan pendanaan tahap awal kepada perusahaan-perusahaan dan atau startup potensial tanah air yang bergerak di sektor Direct to Consumer Brands (D2C) dan consumer platform.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.