Dark/Light Mode

Petani Dan Pekerja Rawan Terdampak

Pemerintah Diminta Tinjau Rencana Kenaikan Cukai

Kamis, 25 Agustus 2022 19:41 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Sementara Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau, dan Penyegar Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Edy Sutopo berharap seluruh pihak memandang persoalan di IHT dengan jernih. Karena, di sektor industri juga terdapat industri padat karya yang proses produksinya masih manual dengan tangan.

Baca juga : Warga Amerika Diminta Hengkang Dari Ukraina

"Semuanya perlu duduk bareng agar tercipta keputusan yang benar-benar pro terhadap pemulihan ekonomi, sesuai tagline pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Kita berharap kenaikan CHT ditunda," ungkapnya.

Baca juga : Pemerintah Diminta Pertimbangkan Lagi Rencana Naikkan BBM Subsidi

Terlebih, berdasarkan data yang sama, lanjut Edy, IHT sudah terkontraksi cukup dalam sejak munculnya pandemi Covid-19. Di mana pertumbuhannya minus 5,78 persen pada tahun 2020 dan tahun berikutnya tumbuh, tapi masih negatif, yakni minus 1,32 persen.

Baca juga : Puskepi Sarankan Pemerintah Tunda Kenaikan Harga BBM

”Sedangkan triwulan kedua 2022, tumbuh ke level minus 0,03 persen. Artinya, IHT memang membaik namun masih terkontraksi. Menunjukkan bahwa daya beli masyarakat belum benar-benar pulih,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.