Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kembangkan UMKM Kriya Di Daerah, Kemenkop UKM Sinergi Dengan Dekranasda

Selasa, 30 Agustus 2022 16:09 WIB
Foto: Dok. Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersinergi menggelar kegiatan bertema Cerita Kriya yang akan berlangsung pada 8-11 September 2022 di Bali.

Bersama dengan Bidang Pendanaan Dekranas, kegiatan ini memiliki beberapa agenda penting untuk mendorong pengembangan UMKM khususnya di daerah. Rencananya, Cerita Kriya akan berlangsung pada 8-11 September 2022 di Bali dan akan dibuka oleh Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin.

Baca juga : KPU Beri Kesempatan Parpol Klarifikasi Data Keanggotaan Ganda

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM selaku Ex Officio Dekranas Siti Azizah menuturkan, kegiatan ini akan terangkai dengan berbagai agenda seperti pendampingan untuk pengembangan kapasitas pelaku UKM di bidang manajerial SDM UKM, dan mendorong pelaku UKM menuju pasar ekspor melalui kemitraan dengan agregator.

“Kami juga melakukan pendampingan pembuatan NIB bagi usaha mikro dan banyak lagi yang akan tersaji nantinya," ucapnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8).

Baca juga : Permintaan LPSK, Bharada E Pake Pemeran Pengganti Saat Berhadapan Dengan Ferdy Sambo

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong percepatan transformasi informal ke formal usaha mikro, mendorong percepatan penyaluran KUR, dan pengembangan UMKM kriya.

Selanjutnya ada pula peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknis pelaku usaha mikro sektor ekonomi kreatif dalam menghasilkan produk berkualitas, sehingga produk tersebut memiliki daya saing untuk berkompetensi di pasar domestik.

Baca juga : Tancap Gas Produksi Minyak Makan Merah, Kemenkop UKM Gaet BPOM Dan BSN

Azizah menambahkan, nantinya akan dilakukan juga penguatan permodalan koperasi dalam rangka mendukung akses permodalan anggota koperasi dan pelaku UMKM oleh LPDB-KUKM, penguatan literasi digitalisasi keuangan, peningkatan kualitas KUMKM.

Terutama terkait pembuatan laporan keuangan, mendorong sinergi dalam mengembangkan produk unggulan daerah, meningkatkan kapasitas SDM wirausaha sektor kriya potensial ekspor, dan wirausaha mampu bertransformasi ke arah digital pengelolaan keuangannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.