Dark/Light Mode

Pegadaian 3 Kali Raih BUMN Sektor Keuangan Terbaik di TFI ke-15

Kamis, 20 Desember 2018 19:21 WIB
Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Pegadaian (Persero) Ninis Kesuma Adriani, menerima penghargaan BUMN Terbaik 2018 di acara Penganugerahan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) ke-15 di Hotel Ayana Mid Plaza Jakarta, Rabu (19/12). (Foto: Istimewa)
Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Pegadaian (Persero) Ninis Kesuma Adriani, menerima penghargaan BUMN Terbaik 2018 di acara Penganugerahan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) ke-15 di Hotel Ayana Mid Plaza Jakarta, Rabu (19/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk ketiga kalinya, PT Pegadaian (Persero) terpilih sebagai BUMN Terbaik di sektor keuangan bidang pembiayaan dan keuangan lainya dalam acara penganugerahan Tokoh Finansial Indonesia (TFI) ke-15, karena dinilai berhasil mengusung inovasi dan strategi baru dalam pengembangan bisnis di tengah perlambatan ekonomi. Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Investor kepada Pegadaian atas kinerja BUMN dengan menggunakan penilaian kualitatif, sumber informasi sekunder, dan diskusi intensif di antara dewan juri.

Dewan juri antara lain adalah Ekonom Aviliani, Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hotbonar Sinaga, Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia Suheri, Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, Ketua Kajian Asosiasi Emiten Indonesia Gunawan Tjokro. "Ketika semua industri keuangan dituntut untuk survive karena berbagai tantangan lokal maupun global, Pegadaian tetap mampu membukukan kinerja keuangan yang positif, sehingga dinilai layak menjadi inspirasi bagi perusahaan lain," ungkap Sunarso.

Baca juga : Bulog Pede Harga Pangan Terkendali

Sunarso menambahkan, penghargaan ini diberikan kepada Pegadaian karena dinilai sigap dalam menghadapi disrupsi dan turbulensi. "Ketika lingkungan bisnis keuangan mengalami perubahan yang dinamis, Pegadaian mampu terus bertumbuh dan melakukan transformasi bisnis." "Award ini tidak hanya menjadi motivasi bagi jajaran pimpinan Pegadaian, melainkan segenap karyawan untuk terus menciptakan inovasi dan meningkatkan kinerja perusahaan. Terlebih, Pegadaian merupakan perusahaan yang bergerak di industri keuangan non bank, yang berubah dengan cepat dan sangat kompetitif di era digital,” ujarnya.

Dijelaskan, penghargaan ini menjadi pembuka jalan Pegadaian untuk melantai di bursa pada 2022. "Kami saat ini masih sedang merampungkan proses transformasi dan mempersiapkan aksi korporasi tersebut, sekaligus menunggu izin dari Kementerian BUMN. Pegadaian menjadi perusahaan terbuka bukan hanya untuk mencari pendanaan baru, tapi untuk meningkatkan manajemen perusahaan untuk lebih profesional dan transparan,” kata Sunarso.

Baca juga : Inflasi Terkendali Karena Kerja Sektor Pertanian Oke

Hal ini dilakukan untuk menjadikan Pegadaian sebagai The Most Valuable Finance Company dan agen inklusi keuangan. Selain itu, Pegadaian juga menyiapkan tim organisasi dan manajemen proyek agar memiliki sumber daya manusia (SDM) dan sistem yang kuat. Saat ini, Pegadaian sedang bertransformasi untuk menjadi lebih muda(h) di usianya yang ke-117 tahun, dengan menyasar anak muda (milenial).

Dia mencontohkan, dibukanya The Gade Coffee and Gold sebagai bentuk layanan Prioritas, yang telah didirikan di seluruh wilayah di Indonesia. Hingga Desember 2018, outlet-nya sudah berjumlah 20. Lincah mengimbangi pergerakan zaman, Pegadaian juga meluncurkan aplikasi layanan Pegadaian Digital Service (PDS), yang hingga saat ini telah mencapai 100.000 lebih pengunduh.

Baca juga : Jokowi Tinjau Trans Jawa Bareng Milenial

Sedangkan untuk kalangan mahasiswa, Pegadaian meluncurkan produk gadai tanpa bunga, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi kalangan mahasiswa untuk bertransaksi di Pegadaian. “Ini akan menambah tenaga untuk memperkuat dari sisi keuangan dan kontribusi masyarakat terhadap Pegadaian. Walaupun begitu Pegadaian tidak akan meninggalkan core bisnis, tetap gadai," tegas Sunarso. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.