Dark/Light Mode

Resmikan 7 Ruas Tol Trans Jawa

Jokowi Sempat Menyantap Pecel & Sate Di Rest Area

Jumat, 21 Desember 2018 14:19 WIB
Presiden Jokowi saat melepas ekspedisi Trans Jawa dari ujung Jembatan Kalikuto di kilometer 383, Kabupaten Batang, Kamis (20/12). (Foto: Twitter @Joko Widodo)
Presiden Jokowi saat melepas ekspedisi Trans Jawa dari ujung Jembatan Kalikuto di kilometer 383, Kabupaten Batang, Kamis (20/12). (Foto: Twitter @Joko Widodo)

 Sebelumnya 
Acara peresmian tersebut berlangsung sekitar setengah jam. Setelah itu, kami kembali melanjutkan perjalanan. Kemu¬dian, kami berhenti di rest area 597, ruas Ngawi-Kertosono, sekitar pukul 10.15 WIB. Di rest area ini, semua tenan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM). Saya hitung ada 16 tenan. Semuanya berjualan makanan dan minuman. Semua dagangan makanan Indonesia. Ada sop iga, pecel, ayam geprek, sate, dan lain lainnya. Presiden sempat menyantap pecel dan sate di sini. 

Penyewa lapak, Nur Hidayat mengaku senang bisa berjualan di rest area. “Kami senang dikasih kesempatan berjualan. Semoga aja ke depan rame,” ungkap Nur kepada Rakyat Merdeka. 
Nur berjualan baru 1,5 bulan. Dia tidak dikenakan biaya sewa selama satu tahun. Biayanya disubsidi BRI. 

Baca juga : Rini: Semua Sudah Nyambung

Dan, terakhir kami berhenti di Jembatan Kali Koto, jembatan penghubung Kendal dan Batang. Di sini, presiden melakukan peresmian untuk tiga ruas tol Jateng. Presiden mengumumkan semua ruas tol yang baru selesai dibangun masih gratis. “Mumpung masih masa uji coba, masih gratis. Yang mau coba silakan,” ungkapnya. 

Menteri BUMN Rini Soemarno berharap, perekonomian Jawa Timur dapat tumbuh pesat pasca beroperasinya jalan tol Trans-Jawa. 
“Tersambungnya antara Jawa Tengah dan Jawa Timur oleh jalan tol, akan semakin mem¬persingkat waktu tempuh dan efisiensi bahan bakar serta membantu mengurai kemacetan di jalan nasional,” kata Rini. 

Baca juga : Relawan DC Pro Jokowi Pede Jagoannya Menang Telak Di AS

Rini mengatakan, keberadaan jalan tol dapat mempercepat pengembangan sektor pariwisata dan kegiatan ekonomi rakyat. Daerah di sekitar dekat pintu masuk dan keluar tol akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis seperti industri perdagangan, jasa keuangan, dan perbankan. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.