Dark/Light Mode

Apple Gandeng Globalstar

Susah Kirim Pesan Darurat Dari Lokasi Terpencil? iPhone 14 Bisa

Kamis, 8 September 2022 07:37 WIB
Foto: Reuters
Foto: Reuters

RM.id  Rakyat Merdeka - Apple Inc (AAPL.O) memilih perusahaan telepon satelit Globalstar Inc (GSAT.A) sebagai mitranya, untuk fitur yang memungkinkan pengguna iPhone 14 mengirim pesan darurat dari lokasi terpencil.

Raksasa teknologi itu menyatakan siap merogoh kocek hingga 450 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari dana manufaktur canggihnya, untuk infrastruktur satelit yang mendukung fitur tersebut.

Mayoritas dana akan diterima GlobalStar. Sementara penerima sisanya, masih belum dapat dipastikan. Termasuk, bentuk penerimaannya.

Baca juga : DKI Gandeng Swasta Membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Demi meningkatkan layanan, Apple siap menggelontorkan 95 persen belanja modal untuk satelit Globalstar baru. Namun, Globalstar masih butuh utang tambahan, untuk membangun dan menyebarkan satelit.

Globalstar yang membuat satelit orbit rendah bumi (LEO), mengaku telah memanfaatkan bank investasi Goldman Sachs & Co. Mereka berharap, bisa menyelesaikan pembiayaan pada kuartal keempat tahun 2022.

Ketimbang satelit tradisional, satelit LEO beroperasi 36 kali lebih dekat ke bumi. Sehingga, waktu yang dibutuhkan untuk mengirim dan menerima informasi, yang mengarah ke layanan broadband yang lebih cepat bahkan di daerah terpencil, menjadi lebih cepat.

Baca juga : Cegah Pemanasan Global, Pertamina Sukseskan Transisi Energi

"iPhone terbaru akan tersedia pada akhir bulan ini, dilepas dengan harga mulai dari 799 dolar AS," kata Apple di acara Far Out, seperti dikutip Reuters, Kamis (8/9).

Fitur pesan satelit akan tersedia melalui peningkatan perangkat lunak pada model iPhone 14, yang mencakup perangkat keras tambahan untuk mengirim pesan, pada November mendatang.

Layanan yang digratiskan selama dua tahun itu, akan dimulai di Amerika Serikat dan Kanada. Peluncurannya ke pasar lain, akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.