Dewan Pers

Dark/Light Mode

KoinWorks Luncurkan Fitur Pendanaan Bagi UMKM Dengan Profil Risiko

Kamis, 8 September 2022 09:17 WIB
CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono (kedua dari kanan) bersama Chief Marketing Officer KoinWorks Grace Hong (kanan) saat media gathering HUT KoinWorks yang ke-6 di Jakarta. (Foto: ist)
CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono (kedua dari kanan) bersama Chief Marketing Officer KoinWorks Grace Hong (kanan) saat media gathering HUT KoinWorks yang ke-6 di Jakarta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi yang menyajikan solusi keuangan inovatif bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) KoinWorks memperkenalkan fitur baru, KoinP2P Grade S yang mengakomodasi pendanaan dengan profil risiko.

Melalui KoinP2P Grade S, KoinWorks menawarkan, “Lower Risk, Bigger Impact” kepada para pendananya. Dengan risiko lebih rendah, pendana dapat memberikan dampak sosial yang lebih besar.

“Motivasi utama kami mendirikan KoinWorks adalah untuk memberikan UMKM akses ke solusi keuangan yang diperlukan. Kami mempelajari berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, dan melihat bahwa ada kapasitas pertumbuhan yang terhambat,” ungkap CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono, Kamis (8/9).

Berita Terkait : Ketua Komisi Informasi Pusat Lakukan Pembinaan di UIN Bandung

Hingga saat ini, KoinWorks telah mendistribusikan pembiayaan dengan total Rp 13 triliun kepada UMKM di seluruh Indonesia. Dengan dana tersebut, UMKM telah berhasil mengembangkan usahanya dengan pendapatan rata-rata per bulan sebesar 70 juta rupiah.

“Ini juga bukti bagi para lenders bahwa impact investing dengan KoinWorks berdampak positif, tidak hanya untuk keuntungan mereka tetapi juga berdampak pada perekonomian Indonesia,” tambah dia lagi.

UMKM menjadi pilar penting perekonomian Indonesia dengan kontribusi Produk Domestik Bruto mencapai lebih dari 61 persen. Namun, UMKM seringkali mengalami kendala untuk berkembang, yang paling umum adalah keterbatasan akses pembiayaan.

Berita Terkait : ASTON Bogor Hotel & Resort Luncurkan Paket Ulang Tahun Bagi Buah Hati

Menurut Bank Indonesia, lanjut dia, hanya 30 persen UMKM yang mengakses pembiayaan dari pinjaman bank dan non-bank.

“KoinWorks dibuat agar financial tools yang membantu eskalasi bisnis dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Ketika UMKM mengajukan pembiayaan melalui KoinWorks, kami sepenuhnya membantu pengguna memahami setiap bagian dari prosesnya,” sambung Chief Marketing Officer KoinWorks Grace Hong.

KoinWorks juga merayakan keberhasilannya dengan menjaring talenta yang kompeten di berbagai bidang untuk bergabung dengan startup yang sedang berkembang ini. Sebanyak 950 karyawan KoinWorks saat ini tersebar di Indonesia dan beberapa negara Asia.

Berita Terkait : Wings Luncurin SoKlin Pewangi Buat Yang Hobi Olahraga

Tercatat, aplikasi yang baru saja merayakan hari jadi yang ke 6 tahun ini, kini memiliki 2 juta pengguna dengan menyediakan 8 produk keuangan inovatif yang memberikan layanan manajemen UMKM, pengembangan finansial pribadi, pinjaman pendidikan, dan produk salary advance.