Dark/Light Mode

Erick Resmi Luncurkan Program Solusi Untuk Nelayan Di Cilacap

Sabtu, 17 September 2022 14:39 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki di sela peluncuran Program Solar Untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki di sela peluncuran Program Solar Untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Selain Cilacap, terdapat enam lokasi percontohan program Solusi Nelayan. Yakni di Lhoknga, Aceh; Deli Serdang, Sumatera Utara; Indramayu, Jawa Barat; Pekalongan, Semarang, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur; dan Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang akan dijalankan selama tiga bulan ke depan.

"Cilacap ini pilot project. Kalau berjalan baik, bisa dikembangkan di tujuh lokasi dan diperluas ke seluruh Indonesia," ucap Erick.

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakini, Program Solusi menjadi jawaban atas sejumlah persoalan yang selama ini dihadapi para nelayan.

Baca juga : Erick Turun Gunung Ngecek Program Solusi Nelayan Di Cilacap

Teten menyebut, 60 persen biaya produksi nelayan selama ini tercurah untuk BBM. Sehingga, subsidi Solar akan berdampak besar bagi kesejahteraan nelayan.

Kemenkop dan UKM bersama Kementerian BUMN juga mendorong peningkatan pengolahan, bagi nilai tambah hasil produksi nelayan.

"Kami dengan Pak Erick juga memikirkan jadi pembiayaan, pengolahan, hingga offtaker. Apakah dari dalam negeri atau luar negeri, sehingga nelayan punya keuntungan yang maksimal," kata Teten.

Baca juga : Teten-Erick Tancap Gas Percepat Program Solusi Solar Buat Nelayan

Kolaborasi Erick dan Teten dalam membantu para nelayan di Cilacap, diapresiasi Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Suryo Sulisto.

Adi menilai, keberpihakan seperti ini memberikan rasa nyaman bagi nelayan. Sehingga, dapat meningkatkan produktivitas hasil tangkapan.

"Ke depan, bukan hanya ketersediaan BBM. Tetapi juga penyerapan hasil produk perikanan, yang tadi disampaikan Pak Erick. Itu juga akan dibantu. Semoga, program-program Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi & UKM bisa terus membantu para nelayan di Cilacap," kata Adi. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.