Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Erick Resmi Luncurkan Program Solusi Untuk Nelayan Di Cilacap

Sabtu, 17 September 2022 14:39 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki di sela peluncuran Program Solar Untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki di sela peluncuran Program Solar Untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi meluncurkan Program Solar Untuk Koperasi (Solusi) Nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9).

Peluncuran Program Solusi nelayan ini juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dan Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Suryo Sulisto.

 

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) berbagi kegembiraan dengan nelayan Cilacap, Sabtu (17/9). Disaksikan Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki. (Foto: Humas BUMN)

 

Erick menyampaikan, Presiden Jokowi menugaskan dirinya dan Teten mencari solusi dalam meningkatkan taraf hidup para nelayan.

Baca juga : Erick Turun Gunung Ngecek Program Solusi Nelayan Di Cilacap

Dia pun lantas menyebut, kesejahteraan nelayan harus menjadi bagian penting dari program pemerintah.

"Salah satunya, melalui Program Solusi Nelayan yang pada hari ini memberikan akses harga BBM (Solar) yang selama ini diperoleh nelayan dengan kisaran harga Rp 7.000 hingga Rp 10 ribu per liter, hari ini kita pastikan harganya Rp 6.800 per liter," ujar Erick.

Dalam program ini, Pertamina menyalurkan langsung Solar bersubsidi ke SPBU Nelayan di bawah Koperasi Mino Saroyo yang beranggotakan 8.500 nelayan.

Pria kelahiran Jakarta itu menyampaikan, program inisiatif Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi dan UKM ini merupakan bentuk keberpihakan pemerintah terhadap para nelayan, di tengah kebijakan pengalihan subsidi BBM.

Erick menyebut, Program Solusi dapat memperbaiki akses nelayan terhadap Solar. Sehingga, subsidi Solar bisa lebih tepat sasaran, dan langsung dialokasikan kepada nelayan.

Baca juga : Teten-Erick Tancap Gas Percepat Program Solusi Solar Buat Nelayan

Erick dan Teten juga memastikan, koperasi jadi ujung tombak, agar solar subsidi benar-benar tepat sasaran.

"Dengan koperasi, itu berarti ada nama, alamat, dan sistem digital. Jadi, kalau ada yang bawa jeriken itu tidak masalah. Karena ada barcode, datanya kelihatan," ucap mantan Presiden Inter Milan itu.

Program Solusi Nelayan tak sekadar mendistribusikan Solar subsidi, melainkan juga membenahi model bisnis perikanan rakyat. Dengan melibatkan koperasi, sebagai agregator dan penjamin pertama bagi nelayan.

Bagi Erick, nelayan Indonesia adalah pelaut tangguh yang bukan sekedar membutuhkan subsidi. Melainkan juga ekosistem bisnis perikanan rakyat yang sehat, dan berpihak pada nelayan.

"Dari Pak Teten, nanti koperasinya diberikan pembiayaan berupa modal kerja. Kami dari BRI, juga mendorong pembiayaan untuk nelayan. Lalu, ibu-ibu nelayan juga tidak ditinggalkan. Ada PNM Mekaar yang juga akan hadir," beber Erick.

Baca juga : Nelayan Kian Sulit Melaut

Selain itu, BUMN juga berupaya membuka akses pasar di dalam dan luar negeri. Serta melibatkan pihak swasta, sebagai offtaker atau pembeli hasil produksi para nelayan.

Erick berharap, Program Solusi Nelayan ini dapat menjadi gebrakan dalam menjawab permasalahan nelayan.

"Bukan sekedar menyentuh masalah di permukaan. Tetapi juga membenahi ekosistem bisnis, sebagai wujud solusi jangka panjang. Apa pun masalahnya, kita hadapi. Kita atasi," tutur Erick.

"Pikiran yang produktif, bisa mengantarkan kita pada solusi konkret demi Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga mengapresiasi kolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan UKM, serta dukungan Pertamina dalam program Solusi nelayan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.