Dark/Light Mode

Blusukan Ke Stasiun Senen

Budi Karya Inspeksi Layanan Penjualan Tiket Ke Penumpang

Sabtu, 22 Desember 2018 11:46 WIB
Menteri Perhubungan
Budi Karya Sumadi (kanan) melambaikan tangan usai
melepas keberangkatan kereta api Sawunggalih Utama di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (21/12) Dalam kunjungannya, Menhub meninjau pelayanan dan keamanan stasiun jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Foto: Mohamad Qori/Rakyat Merdeka)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) melambaikan tangan usai melepas keberangkatan kereta api Sawunggalih Utama di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (21/12) Dalam kunjungannya, Menhub meninjau pelayanan dan keamanan stasiun jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Foto: Mohamad Qori/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Selain itu, BKS mengusulkan agar KAI memberi diskon untuk penumpang lanjut usia (lansia) yang membeli tiket melalui layanan online. Sebab, selama ini diskon baru diberikan kepada lansia yang membeli tiket secara langsung saja.

“Mungkin saat ini di sistemnya belum dimasukkan, tapi ke depannya harus bisa dimasukkan. Masyarakat sudah pakai KTP elektronik, jadi lebih mudah lagi pendataannya,” ujarnya.

Dari pantauan Rakyat Merdeka, kondisi Stasiun Pasar Senen masih tampak normal. Kepadatan hanya terlihat di beberapa pintu masuk dan kursi tunggu peron keberangkatan saja. Soal kesiapan menghadapi lonjakan penumpang, BKS menilai, KAI sudah siap 100 persen. “Kita memastikan pelayanan, safety, dan security berjalan dengan baik. Ramp check juga sudah dilaksanakan. Semua rangkaian kereta yang siapkan untuk angkut penumpang, kita pastikan layak jalan dan sesuai aturan,” katanya.

Baca juga : Rini Resmikan 3 Proyek

BKS memprediksi, puncak arus keberangkatan menjelang libur Nataru pada hari ini. Lonjakan penumpang kira-kira 20 persen dari hari normal. “Di hari biasa jumlah penumpang kereta api di Stasiun Senen hanya 14 ribu penumpang. Hari ini 24 ribu, besok bisa 28 ribu,” imbuhnya.

Sementara untuk puncak arus balik, diprediksi terjadi pada 1 dan 2 Januari 2019. Untuk kelancaran arus lalu lintas, menurut BKS, Kemen-terian Perhubungan juga sudah melakukan persiapan dan koordinasi dengan TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan.

“Kami sudah melakukan video conference dengan TNI, Polri, perhubungan, kesehatan, dan semua stake holder. Kami share semua rencana yang kita buat dan dihadiri semua Pangdam, Kapolda, dan Gubernur,” tegas BKS.

Baca juga : Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Terkesan Ngambang

Surati Maskapai
BKS mengungkapkan, pihaknya akan mengirimkan surat kepada maskapai yang beroperasi di Indonesia agar tidak menaikkan harga tiket selama libur Nataru.

“Banyak masyarakat mengeluhkan tingginya kenaikan harga tiket pesawat pada momen liburan. Kita akan memberikan surat kepada airline-airline tersebut supaya kenaikannya tidak terlalu tinggi,” katanya. Untuk diketahui, langkah Menhub tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas dengan Presiden Jokowi membahas persiapan libur Nataru.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menilai, harga tiket pesawat masih sesuai aturan. Hanya saja, terasa tinggi, karena pada hari biasa, maskapai menurunkan harga tiket. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.