Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertamina Patra Niaga Tanam 200 Pohon Di Bantaran Citarum

Rabu, 21 September 2022 23:02 WIB
Penanaman sebanyak 200 pohon di bantaran DAS Citarum Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Ist)
Penanaman sebanyak 200 pohon di bantaran DAS Citarum Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Patra Niaga melalui Fuel Terminal Bandung Group Regional Jawa Bagian Barat menggelar kegiatan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) Lentera Jiwa.

Terutama penerapan komitmen perusahaan berlandaskan Enviromental, Social, and Governance (ESG) melalui program susur daerah aliran sungai (DAS) Citarum dan penanaman sebanyak 200 pohon di bantaran DAS Citarum Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Area Manager Communication Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan mengatakan, Lentera Jiwa ini merupakan program TJSL berfokus pada pemberdayaan ODGJ yang sudah pulih untuk bisa kembali beraktifitas di lingkungan masyarakat.

Baca juga : Pasien Pertama Cacar Monyet Di Tanah Air Kini Sudah Sembuh, 3 Kontak Eratnya Aman

"Pertamina melalui FT Bandung Group bekerjasama dengan Desa Siaga Sehat Jiwa Pangauban untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri teman teman ODGJ dan keluarganya dalam kehidupan bermasyarakat untuk mencintai lingkungan," katanya di Jakarta, Rabu (21/9).

Eko menjelaskan, program ini dijalankan bersama untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan lingkungan yang merupakan wujud dari penerapan komitmen ESG yang tidak hanya dijalankan Pertamina tapi juga bersama dengan masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Pangauban Ade Sulaeman, Bintara Operasional (Baop) Sektor 9 Citarum Harum Soleh Kurnia, Dosen Stikes Budi Luhur bidang Kejiwaan Aan Somana, Kelompok Desa Siaga Sehat Jiwa, Jajaran Pemerintah Desa Pangauban, dan tokoh masyarakat Desa Pangauban.

Baca juga : Menteri ATR: Pastikan Pengadaan Tanah IKN Perhatikan Hak Adat

“Adanya kegiatan ini telah menciptakan pemikiran terbuka bahwa ODGJ tersebut bukan harus dijauhi tapi harus di perhatikan dan diberikan suatu kegiatan yang akan bermanfaat bagi dirinya dan keluarganya” ungkap Kepala Desa Pangauban Ade Sulaeman.

Ade menuturkan, teman-teman ODGJ sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Dirinya atas nama Pemdes Pangauban menyampaikan terima kasih setingginya kepada Fuel Terminal Bandung group atas kerjasama dan Program TJSL Lentera Jiwa.

Hal ini tentu membangkitkan semangat bagi ODGJ agar dapat kembali percaya diri untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Penanaman pohon ini berperan dalam menjaga kondisi hidrologis bantaran sungai sehingga memberikan dampak positif pada penurunan kasus banjir dan longsor.

Baca juga : Pertamina Dorong Ratusan UMK Daerah Manfaatkan Pemasaran Digital

Selain kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai DAS Citarum, ODGJ pun diajak untuk berkeliling DAS Citarum yaitu, Waduk Saguling menggunakan perahu agar mereka bisa mengetahui lingkungan tempatnya tinggal selama ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.