Dark/Light Mode

Kucurkan Pembiayaan Rp 183,9 T

UMi Kerek Jutaan Usaha Wong Cilik Naik Kelas

Kamis, 22 September 2022 07:30 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: @BRI).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: @BRI).

 Sebelumnya 
Ini bisa dilihat dari capaian nasabah serta total outstanding pembiayaan UMi, yang selaras dengan salah satu agenda prioritas dalam Presidensi G20 di Indonesia. Yakni inklusi keuangan, yang utamanya terkait teknologi digital dan akses pembiayaan bagi UMKM.

Bahkan BRI berhasil menaikkelaskan 1,8 juta nasabah KUR (Kredit Usaha Rakyat) Mikro ke Komersial di tahun 2021.

“Dan di tahun 2022, diprediksikan nasabah yang berhasil dinaikkelaskan mencapai 2,2 juta nasabah,” ucap Sunarso dalam keterangan resmi, Rabu (14/9).

Baca juga : Erdogan: Putin Lagi Cari Jalan Untuk Akhiri Konflik Ukraina

Tak hanya dari sisi pembiayaan, hingga Agustus 2022 integrasi layanan ketiga entitas atau colocation melalui Gerai Senyum (Sentra Layanan Ultra Mikro) sudah mencapai 1.003 lokasi. Sedangkan target awal adalah 978 lokasi Gerai Senyum.

Selain itu, penabung baru UMi mencapai 6,85 juta, dari target awal sebanyak 3,3 juta. Nasabah PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) yang bergabung sebagai Agen BRILink sudah mencapai 40.121.

Sunarso bilang, tujuan holding yang diinisiasi Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara), mulai menampakkan hasil positif. Di mana ketiga entitas diarahkan untuk semakin mampu melayani masyarakat sebanyak mungkin hingga segmen usaha terkecil, dengan biaya seefisien mungkin.

Baca juga : Ini Cara Jasa Raharja Dongkrak Pertumbuhan

Menurut Sunarso, kata kuncinya adalah sinergi. Sebab, BRI, Pegadaian, dan PNM selama ini fokus menangani UMKM.

“Kemudian dibentuknya holding ini benar-benar bersinergi, yang bisa di-KPI-kan (Key Performance Indicators) secara bersama, tidak jalan sendiri-sendiri. Semuanya itu menyasar 55 juta nasabah ultra mikro di Indonesia,” tegasnya.

Ia menjelaskan, dengan sinergi melalui holding semakin memperkuat komitmen untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM. Sehingga dapat mendorong peningkatan skala usaha pelaku bisnis di segmen UMi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.