Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Eksklusif Dengan Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI)

Yakin Masuk Top 10 Bank Syariah Dunia 

Sabtu, 24 September 2022 07:01 WIB
Dirut BSI Hery Gunardi. (Foto: Ist)
Dirut BSI Hery Gunardi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Syariah Indonesia (BSI) punya target masuk Top 10 bank syariah dunia, dalam dua-tiga tahun mendatang. Keyakinan ini besar kemungkinan terwujud, karena di usianya yang belum dua tahun, BSI sudah berhasil mencatatkan sejumlah prestasi. 

Semester pertama tahun ini, BSI menghasilkan laba bersih Rp 2,13 triliun. Tumbuh 41 persen dibanding tahun lalu. Hal itu terungkap dalam wawancara secara eksklusif Rakyat Merdeka dengan Dirut BSI Hery Gunardi melalui platform Zoom, Kamis (22/9). 

Hery memaparkan, saat ini di Indonesia ada 107 bank konvensional. Dan dari kepemilikan aset, BSI berada di ranking ke 7, yaitu sebesar Rp 270 trilun. Sedangkan jumlah nasabahnya berada di urutan 5 dan 6 nasional, dengan total mencapai 20 juta nasabah. 

Dengan posisi seperti itu, Hery yakin, tak lama lagi, BSI akan masuk jadi Top 5 atau lima besar perbankan nasional. 

Baca juga : Obati Perusahaan Sekarat Jadi Sehat 

“Tiga tahun berikutnya, atau tahun 2025, target kami masuk 10 besar bank syariah terbesar di dunia. Dengan kepemilikan aset Rp 500 triliun dan jumlah nasabah 40 juta,” paparnya.

 Dalam wawancara virtual tersebut, dari Rakyat Merdeka hadir Direktur Utama/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana, Direktur Pemberitaan Ratna Susilowati, dan Kepala Analis/ Dewan Kebijakan Redaksi Supratman, Wakil Pemimpin Redaksi Kartika Sari, serta sejumlah redaktur eksekutif. Sedangkan Dirut BSI didampingi Sekretaris Perusahaan Gunawan Arief Hartoyo dan Head Of Corporate Communications Eko Nopiansyah.

Dalam pemaparannya, Hery mengatakan, BSI akan terus berkembang, tumbuh memberkan kontribusi positif untuk negara dan masyarakat. Hingga ke tingkat global.

Bagaimana mewujudkan target menjadi Top 10 bank syariah dunia? Dan dimana posisi BSI di jajaran bank syariah dunia? Menurut Hery, di level global, BSI berada di urutan ke 14. Seiring waktu, dia yakin akan ada kenaikan jumlah nasabah dan pertambahan aset, sehingga BSI bisa masuk ke posisi lebih tinggi. 

Baca juga : ASN Makin Mudah Punya Rumah

“Di 2025, minimal bisa masuk ke posisi 9 atau 8. Syukur-syukur bisa masuk posisi ke-7,” katanya, yakin.

Saat ini nilai kapital pasar (market capitalization) BSI mencapai 3,69 miliar dolar AS atau setara Rp 54,4 triliun. Di ranking 10, kapital pasarnya sekitar 5 miliar dolar AS. Di posisi pertama, saat ini ada Al Rajhi Bank dari Arab Saudi, kemudian Kuwait Finance di nomor dua. “Posisi 10 itu, sekitar 5 miliar dolar AS. Kami yakin bisa menyalip,” ujarnya.

Hery bilang, strategi untuk meningkatkan kapital pasar itu adalah dengan tumbuh organik dan anorganik. Pertumbuhan aset yang ada di BSI dengan double digit memberi peluang itu. Dan dari non organik, BSI terus melakukan akuisisi portofolio bank lain.

Hery menyadari, kondisi ekonomi akibat pandemi pada 2020 dan 2021 tidak mudah, termasuk untuk perbankan. Begitu juga BSI yang mulai merger pada Februari 2021. Merger saat pandemi, tantangannya besar. Diawali dengan membangun organisasi yang solid. Saat merger, semua harus membawa pengalaman terbaiknya. 

Baca juga : Erick Thohir Ingin Indonesia Jadi Aktor Penting Pasar Kopi Dunia

“Yang bagus kami bawa dan terapkan. Yang tidak bagus tidak diangkut,” katanya. 

BSI merupakan gabungan dari tiga bank syariah milik BUMN, yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.