Dark/Light Mode

Dukung Investasi Hijau, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Tebar 5 Ribu Bibit Mangrove

Sabtu, 24 September 2022 13:59 WIB
Penanaman 5 Ribu Mangrove Mangrove Project: Untuk SATU Bumi di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Barat, Sabtu (24/9). (Foto: Putu Wwhyu Rama/Rakyat Merdeka)
Penanaman 5 Ribu Mangrove Mangrove Project: Untuk SATU Bumi di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Barat, Sabtu (24/9). (Foto: Putu Wwhyu Rama/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
President Director of CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Lim Kim Siah mengatakan, melalui Mangrove Project-Untuk SATU Bumi yang digelar oleh CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, pihaknya berharap, agar semakin banyak perusahaan yang dapat menerapkan konsep Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Tujuannya agar dapat membuat dunia, khususnya Indonesia menjadi lebih hijau. Mari kita lakukan aksi nyata untuk Indonesia yang lebih hijau!,” tutur Lim.

Keseriusan CGS-CIMB Sekuritas Indonesia sambung Lim, dibuktikan dengan dibentuknya satu divisi khusus ESG sejak tahun lalu. Bahkan pihaknya melakukan riset perusahaan mana saja yang komit melakukan ESG, untuk menjadi investor.

Baca juga : Dukung Pariwisata Sulut, B20 Indonesia Gandeng Universitas Sam Ratulangi

“Kami juga membuat laporan-laporan perusahan mana saja yang melakukan investasi ESG secara lengkap, sehingga investor tahu dan bisa memilih perusahaan yang melakukan investasi ke sektor bisnis hijau. Bahkan riset yang dilakukan bukan hanya dilakukan jaringan regional, tapi juga secara luas,” terang Lim.

Direktur Keuangan dan SDM BEI Risa E Rustam berharap, kegiatan CSR penanaman mangrove ini dapat menjadi sebuah langkah konkret demi bumi tercinta, sekaligus ajakan bagi seluruh sektor bisnis untuk dapat berpartisipasi sehingga mampu mengakselerasi tercapainya NZE tahun 2050.

Di kesempatan yang sama, Co-Founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Seasoldier Dinni Septianingrum mengatakan, idealnya kebutuhan bibit mangrove untuk wilayah Jakarta mencapai 100 hektar (ha), namun yang efektif hanya sekitar 20 persen saja.

Baca juga : Dukung Perkembangan Anak Indonesia, Tempo Scan Luncurkan Biostime

Dinni menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam G20 menyatakan komitmennya untuk merehabilitasi sekitar 6 juta hektar lahan mangrove. Untuk rata-rata satu hektar saja dibutuhkan 10 ribu sampai 15 ribu bibit.

“Semoga target sampai di tahun 2030 rencana ini bisa dipenuhi. Langkah yang sangat baiknuntuk memberikan pesan kepada semua pihak untuk berkontribusi menyelamatkan bumi dengan rehabilitasi dan konservasi mangrove. Di mulai dengan langkah dari kecil dan konsisten,” imbaunya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, terdapat lima aktivitas utama yaitu pembibitan mangrove, penanaman bibit mangrove, pembuatan bronjong, pembersihan area hutan mangrove, dan eksplorasi hutan mangrove.

Baca juga : Delegasi Budaya Pura Mangkunegoro Semarakkan Indonesian Cultural Night Di Bangkok

Tahun ini, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia telah menerapkan berbagai prinsip ESG pada berbagai aktivitas. Salah satu Sustainable Development Goals (SDGs) ke-13, yaitu Penanganan Perubahan Iklim, menjadi salah satu SDGs yang menjadi fokus utama. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.