Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Tunisia Zuhairi Misrawi

Promosi Kebudayaan Di TV Terbesar Tunisia

Rabu, 3 Agustus 2022 07:05 WIB
Dubes Zuhairi Misrawi siaran di TV Wataniya, Tunisia, Minggu (31/7). (Foto KBRI Tunis)
Dubes Zuhairi Misrawi siaran di TV Wataniya, Tunisia, Minggu (31/7). (Foto KBRI Tunis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi berkesempatan mempromosikan kebudayaan dan nilai-nilai Indonesia di jaringan televisi terbesar di Tunisia, TV Wataniya, Minggu (31/7).

Pada kesempatan itu, dia memaparkan pemikiran Trisakti dari Presiden pertama Indonesia Soekarno, yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Baca juga : Perempuan Berkebaya Indonesia Dukung Pendaftaran Kebaya Ke Unesco

“Kami di Indonesia berpijak pada pemikiran Bung Karno perihal pentingnya berkepribadian dalam kebudayaan. Politik dan ekonomi harus didukung kebudayaan sebagai kearifan lokal dan jati diri bangsa,” kata Zuhairi dalam keterangan KBRI Tunis, Senin (1/8).

Untuk itu, lanjutnya, KBRI Tunis memberikam perhatian pada diplomasi kebudayaan melalui puisi, film, musik, novel, tarian, kuliner dan pemikiran.

Baca juga : Lawan Persis, Ini Pesan Thomas Ke Jakmania

“Indonesia dan Tunisia sama-sama mempunyai perhatian terhadap kebudayaan sehingga pemikiran kebangsaan kokoh dan kuat di dalam sanubari warga kedua negara,” jelasnya.

Zuhairi juga menyampaikan perlunya diplomasi kebudayaan sebagai jembatan untuk memperkokoh dan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Tunisia.

Baca juga : Sore Ini, Macan Kemayoran Siap Pesta Kemenangan Perdana

“Diplomasi kebudayaan akan mendekatkan hubungan di antara sesama warga kedua negara. Saya melihat dan merasakan langsung betapa warga Tunisia mempunyai kegemaran terhadap kebudayaan Nusantara. Cita rasa kebudayaan mereka sangat tinggi,” terangnya.

Dalam program tayang bincang di stasiun teve itu, Dubes Zuhairi juga membacakan puisi dalam bahasa Arab berjudul Huruf-huruf Cahaya: Indonesia-Tunisia yang merupakan karya penyair asal Indonesia, Jamal D Rahman. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.