Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Eksklusif Dengan Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah

Siap Hadirkan Digitalisasi Kelas Dunia Di IKN

Senin, 26 September 2022 07:07 WIB
Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Pertama, strategi Fixed & Mobile Convergence (FMC) di mana Telkom terus memperkuat penetrasi pasar, efisiensi biaya dan keunggulan operasi, seiring dengan upaya meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan. Sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Telkom dan Singtel untuk pengembangan inisiatif FMC dan pengembangan data center regional. Selain itu, juga dilakukan komunikasi intensif dengan stakeholder dan penyiapan tim transformasi di lingkungan internal.

Kedua, strategi Infra Co yang merupakan inisiatif Perseroan untuk membuka potensi konsolidasi aset infrastruktur yang dimiliki, mencakup infrastruktur jaringan akses optik dan tower. Setelah diawali dengan IPO Mitratel pada tahun lalu dan langkah akuisisi aset tower diselesaikan, Mitratel menjadi perusahaan tower terbesar dan pemimpin di pasar Asia Tenggara dengan kepemilikan lebih dari 35 ribu tower.

Ketiga, pada strategi Data Center Co, Telkom melakukan proses konsolidasi aset dan peningkatan kapasitas bisnis data center. Untuk mempercepat pertumbuhan bisnis data center, Telkom bekerja sama dengan hyperscaler dan berkolaborasi dengan Singtel untuk memperluas pasar regional. Selanjutnya Telkom akan melakukan konsolidasi data center domestik dan internasional.

Baca juga : Obati Perusahaan Sekarat Jadi Sehat 

Keempat, inisiatif B2B IT Service yang diawali langkah transformasi baik secara internal maupun eksternal melalui kemitraan dan kolaborasi dengan perusahaan teknologi seperti Microsoft dan AWS. Telkomsigma disiapkan menjadi pemain terdepan B2B IT Service untuk melayani pasar korporasi, BUMN, Pemerintah, dan UMKM.

Terakhir, strategi utama yang akan direalisasikan Telkom adalah mengembangkan perusahaan digital atau DigiCo yang fokus pada segmen bisnis B2B dan B2C. Dengan fokus utama tersebut, Telkom optimistis dapat meng-unlock value yang maksimal dari kelima strategi dan menjadikannya sebagai new revenue generator bagi pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

PT Telkom Indonesia terus mengembangkan infrastruktur telekomunikasi digital di berbagai wilayah. Bagaimana mempercepat pemerataan akses digital tersebut, terutama di daerah-daerah terpencil?

Baca juga : ASN Makin Mudah Punya Rumah

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan dan juga BUMN, Telkom mendapatkan amanat untuk menjadi lokomotif yang mendorong digitalisasi Indonesia, baik dari sisi infrastruktur maupun sumber dayanya. Hal ini berujung pada mimpi untuk mendorong terwujudnya kedaulatan digital Indonesia. 

Salah satu aspek penting dalam mendorong digitalisasi adalah adanya lingkungan digital yang dilengkapi dengan beragam infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang mumpuni untuk mendukung beragam aktivitas masyarakat. Lingkungan digital salah satunya bisa diciptakan melalui pemenuhan kebutuhan infrastruktur telekomunikasi yang merata.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, sejak 2019 hingga 2022, investasi APBN untuk pembangunan infrastruktur digital telah mencapai Rp 75 triliun. Upaya membangun infrastruktur digital yang mumpuni dan merata tidak semata dilakukan pemerintah. 

Baca juga : UMKM Jangan Terus Berada Di Pinggiran

Hingga Juni 2022, Telkom telah membantu menghadirkan berbagai infrastruktur seperti 171.654 kilometer kabel fiber optic yang membentang di sepanjang Nusantara dan 255.107 Base Trasceiver Station (BTS), yang melayani 8,9 juta pelanggan IndiHome dan 169,7 juta pelanggan Telkomsel yang terhubung dengan dunia melalui sambungan internet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.