Dark/Light Mode

Eksklusif Dengan Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah

Siap Hadirkan Digitalisasi Kelas Dunia Di IKN

Senin, 26 September 2022 07:07 WIB
Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah. (Foto: Ist)
Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, untuk daerah terpencil dan yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), Telkom menyediakan layanan melalui kolaborasi IndiHome dan Telkomsel yang dikenal dengan brand Orbit. Keseluruhan infrastruktur tersebut akan terus dikembangkan dan ditingkatkan demi memastikan masyarakat seluruh Indonesia hingga pelosok dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam mengakses layanan digital, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi sosialnya.

Hingga saat ini, Telkom melayani kebutuhan pita lebar di seluruh Indonesia. Khususnya di daerah 3T dengan penggelaran 8.309 km kabel fiber optic, yang dapat melayani 215 ribu pelanggan.

Telkom berperan penting dalam membangun pusat data untuk mendukung digitalisasi di IKN. Bagaimana ekosistem digital yang akan dikembangkan di kawasan IKN?

Baca juga : Obati Perusahaan Sekarat Jadi Sehat 

Secara umum, penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang disediakan TelkomGroup untuk IKN mencakup penyediaan jaringan serat optik dan layanan fixed broadband, jaringan nirkabel (seluler 4G/5G, satelit dan Starlink, WiFi-6). Serta jaringan backbone dan transport yang saling terhubung dari IKN hingga gateway internasional Batam dan Manado. 

Pada domain digital platform, Telkom fokus pada penyediaan HyperScale Data Center yang rencananya akan dibangun di kawasan IKN. Sedangkan pada digital services, TelkomGroup fokus pada pengembangan Smart City dan Command Center.

Masih terkait IKN. Bagaimana tantangan dan kendala yang dihadapi dalam membangun digitalisasi di kawasan tersebut, terutama dari sisi keamanan dan kedaulatan digital di Indonesia?

Baca juga : ASN Makin Mudah Punya Rumah

TelkomGroup menyiapkan infrastruktur ICT secara bertahap, dimana pada tahap transisi untuk Telkom memastikan konektivitas IKN selama masa pengembangan. Membangun digitalisasi yang terpadu dan terintegrasi menjadi tugas besar dan menantang bagi Telkom. 

Namun, dengan pengalaman dukungan perusahaan dalam menyukseskan berbagai program dan event internasional Pemerintah, kami optimistis dan berkomitmen untuk menghadirkan digitalisasi kelas dunia di kawasan IKN. Infrastruktur dan platform tersebut akan dilengkapi dengan sistem keamanan siber. Seperti Firewall, IDPS (Intrusion Detection & Prevention System), Secure web & e-mail gateway, VA (Vulnerability Assessment), dan Security Incident & Event Monitoring (SIEM).

Telkom baru saja meresmikan gerbang kedua komunikasi internasional (second gateway) di Manado, yang menghubungkan jalur komunikasi dari Kawasan Timur Indonesia hingga ke Amerika Serikat. Bagaimana prospek bisnis dari pembangunan gateway di Manado ini?

Baca juga : UMKM Jangan Terus Berada Di Pinggiran

Gateway Manado merupakan gerbang jalur komunikasi internasional kedua yang dimiliki TelkomGroup. Kehadiran gerbang tol digital ini menjadi wujud nyata dari upaya pemerataan akses telekomunikasi dan informasi di seluruh Indonesia. Rute dari Manado menjadi jalur alternatif untuk distribusi trafik komunikasi internasional yang sebelumnya terkonsentrasi di Batam. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.