Dark/Light Mode

BI Dan Bank Negara Malaysia Perbarui Perjanjian Swap Bilateral

Selasa, 27 September 2022 17:45 WIB
Bank Indonesia. (Foto: Ist)
Bank Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) menyepakati memperbarui perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal (Local Currency Bilateral Swap Arrangement/LCBSA) hingga senilai RM8 miliar atau setara Rp 28 triliun pada 23 September 2022. 

Perjanjian tersebut berlaku efektif selama tiga tahun dan merupakan pembaruan atas perjanjian yang pertama kali disepakati pada tahun 2019. Pembaruan LCBSA tersebut juga semakin memperkuat kerja sama keuangan antar kedua bank sentral. 

Baca juga : Prangko Tunjukkan Kedaulatan Negara Di Wilayah Perbatasan

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, BI memercayai bahwa pembaruan LCBSA tersebut mencerminkan terus berlangsungnya penguatan kerja sama keuangan antara BI dan BNM dan diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan pasar terhadap fundamental ekonomi kedua negara. 

“Pembaruan perjanjian juga menunjukkan komitmen bersama untuk memperkuat stabilitas pasar keuangan, melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas untuk transaksi bilateral antara Indonesia dan Malaysia," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/9). 

Baca juga : DKI Gelontorkan Anggaran Rp 195 Miliar Bangun Saringan Sampah Ciliwung

Sementara Gubernur BNM, Tan Sri Nor Shamsiah Mohd Yunus menuturkan, pihaknya mempertimbangkan perkembangan arus perdagangan yang signifikan antara Malaysia dan Indonesia. BNM menyambut baik untuk melanjutkan kerja sama dengan Bank Indonesia melalui pembaruan perjanjian LCBSA ini. 

“Kerja sama LCBSA ini juga melengkapi kerja sama keuangan yang telah dimiliki kedua bank sentral, yang ditujukan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal pada aktivitas perdagangan dan investasi antar kedua negara,” tutup Mohd Yunus. 

Baca juga : Ini PR Besar Pelatih Anyar Persik Di Pentas Liga 1

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.