Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tokopedia Luncurkan Alat Pemasaran Paling Efektif

Kamis, 22 September 2022 23:18 WIB
Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi dalam Media Luncheon di Jakarta, Kamis (22/9). (Foto: Merry Apriyani/RM)
Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi dalam Media Luncheon di Jakarta, Kamis (22/9). (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia Marketing Solutions resmi diperkenalkan Tokopedia sebagai alat strategi pemasaran bagi seluruh skala bisnis di paltformnya. Tokopedia Marketing Solutions dianggap mampu membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi.

"Sehingga mampu membantu pelaku bisnis menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," jelas Vice Presdent of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Chayadi dalam Media Luncheon di Jakarta, Kamis (22/9).

Melalui Tokopedia Marketing Solutions, para pelaku bisnis di Indonesia bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Di antaranya menjangkau pengguna Tokopedia yang tersebar di 99 persen kecamatan, menghadirkan di seluruh proses pembelian konsumen consumer mulai dari saat mengeksplor halaman utama Tokopedia, mencari produk, ataupun dari media sosial Tokopedia.

Berita Terkait : Modernland Segera Luncurkan Pusat Kuliner & Belanja Paling Hype Di Pusat Kota Modern

Tokopedia Marketing Solutions juga bisa membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat. Lewat pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi.

Serta always-on-marketing, yang memberikan kemudahan dalam membuat, mengelola, dan memaksimalkan iklan dengan teknologi sehingga pelaku bisnis bisa lebih fokus mengembangkan usahanya.

Adapun kanal promosi yang bisa digunakan dalam mengembangkan bisnis. Promosi di halaman utama Tokopedia, menggunakan fitur beriklan ‘TopAds’ agar produk tampil teratas di halaman pencarian, dan beriklan di fitur Pencarian.

Ada pula fitur iklan di halaman Notifikasi dan Pesan, yang mencakup Broadcast Chat (untuk mempromosikan produk langsung di inbox/kotak masuk pengguna), Push Notifications (penjual bisa mengirim pesan promosi untuk mengarahkan calon pembeli ke halaman toko) dan Notification Center (promosi akan muncul di halaman notifikasi pengguna).

Berita Terkait : Modernland Luncurkan Cluster The Essence @Yarra Di Jakarta Garden City

Penjual yang menggunakan Tokopedia Marketing Solutions juga bisa beriklan dalam sebuah permainan interaktif, seperti Tap Tap Kotak, yang berhadiah kupon atau cashback.

Mempromosikan produk atau toko melalui tayangan di kanal streaming Tokopedia Play, serta memaksimalkan media sosialnya menggunakan Collaborative Ads bersama Tokopedia.

"Kami mencatat bahwa per semester I-2022, Tokopedia Marketing Solutions mengalami pertumbuhan nilai investasi iklan sebesar 17 kali lipat, dan pertumbuhan jumlah mitra strategis dari penjual berskala menengah sampai besar sebanyak 30 kali lipat,” tambah Edwin.

Tokopedia juga mencatat, peningkatan pendapatan di berbagai skala dan kategori bisnis, misalnya di brand fashion sebesar 103 persen pada rata-rata jumlah pesanan.

Berita Terkait : PLN: Tak Ada Penghapusan Atau Pengalihan Pelanggan Listrik 450 VA

Perusahaan FMCG (fast moving consumer goods) yang memperoleh 146 persen peningkatan pendapatan dan peningkatan jumlah pemesanan 169 persen.

Serta brand makanan dan minuman yang mendapatkan peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 156 persen dan 279 persen pada rata-rata jumlah pemesanan.

“Ke depannya, Tokopedia Marketing Solutions akan terus berupaya membantu pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala dan kategori, untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia guna membantu pemulihan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital,” tutup Edwin.