Dark/Light Mode

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Sepanjang Kuartal III-2022

Kamis, 29 September 2022 20:21 WIB
Tren belanja di Tokopedia pada Kurtal III-2022. (Foto: Tokopedia)
Tren belanja di Tokopedia pada Kurtal III-2022. (Foto: Tokopedia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia mencatat, perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman (makmin), serta kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III-2022.

Pada kategori rumah tangga, benih/bibit tanaman, keran air, dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu. Sedangkan di kategori makmin, mie instan, susu bubuk, serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli.

Baca juga : Tokopedia Luncurkan Alat Pemasaran Paling Efektif

“Di kategori kesehatan, masker, obat herbal, dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris,” ucap External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (29/9).

Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III-2022 dibanding periode yang sama di 2021.

Baca juga : Dubes Venezuela Unggulkan Buah-buahan Hingga Daging Sapi Di INA-LAC 2022

Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Banyuasin (Sumatera Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur). Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).

Market Syariah
Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah dengan menghadirkan produk, fitur dan layanan yang baik dan amanah. Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia Salam.

Baca juga : Menpora Serahkan Medali Turnamen Bola Basket Puan Maharani Cup 2022

Berkaitan dengan Tokopedia Salam, pada subkategori Fesyen Muslim, beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset dan hijab instan. Sedangkan di subkategori Perlengkapan Ibadah, mukena, tasbih, sajadah, baju ihram dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.

“Fitur pembayaran zakat, wakaf, dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III-2022,” tutup Rizky Juanita Azuz.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.