Dark/Light Mode

Atasi Perubahan Iklim

Airlangga Tagih Janji Negara Maju Sumbang Negara Berkembang Rp 1.427 Triliun

Kamis, 6 Oktober 2022 23:27 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (IST)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (IST)

 Sebelumnya 
Airlangga juga menekankan pentingnya kerjasama antar negara dalam menghadapi krisis global yang tengah terjadi saat ini.

Menurutnya, persoalan ini harus diatasi bersama-sama dengan semangat solidaritas agar tidak menimbulkan ego yang akan mempersulit negara-negara di dunia untuk bertahan menghadapi krisis global.

Baca juga : Ganjar Populerkan Beras Srinuk Asli Klaten

"Karena dunia telah berubah dengan cepat. Kita menyebutnya sebagai 'perfect storm', yaitu krisis multidimensi yang cepat seperti, tantangan keamanan, ekonomi, dan lingkungan ini telah menunda upaya kita untuk mempercepat pemulihan," jelasnya.

Pelaksana tugas Kepala Pusat kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Abdurohman menilai, peningkatan frekuensi dan kerusakan akibat perubahan iklim telah mengganggu pembangunan ekonomi secara umum, mempersempit ruang fiskal, dan meningkatkan risiko pembiayaan.

Baca juga : Partai Garuda: Ini Negara Hukum, Bukan Negara Barbar

"Kita semua telah memberikan perhatian yang lebih besar pada masalah perubahan iklim dan sepakat bahwa hal tersebut perlu dimitigasi dengan kebijakan yang tepat dan terukur," ujarnya.

Abdurohman mengatakan, ada berbagai tantangan dalam wujud komitmen penanganan perubahan iklim tersebut.

Baca juga : Airlangga Tagih Janji Jepang Hapus BM Tuna Dan Buah Tropis

Salah satunya adalah terkait dengan kebutuhan pendanaan yang diperkirakan mencapai Rp 3.990 triliun untuk kurun waktu 2018 sampai 2030 atau berkisar Rp 332 triliun per tahun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.