Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perangi Perubahan Iklim, BTN Jadi Bank Terbaik Di Dunia

Selasa, 16 Agustus 2022 08:55 WIB
Perangi Perubahan Iklim, BTN Jadi Bank Terbaik Di Dunia

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada tahun 2021, Lembaga dunia Carbon Disclosure Project (CDP) mengapresiasi pengungkapan dan kinerja PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terkait perubahan iklim (climate change).

Kata Founder BGK Foundation, Achmad Deni Daruri, CDP memberikan rating C kepada Bank BTN dalam kuesioner climate change. Dibandingkan dengan 2019, kata Deni, rating BTN sebagai perseroan terbatas yang bergerak di bidang jasa keuangan perbankan ini naik 4 level dari rating F atau tidak merespon menjadi C di 2021.

"Selain itu, supplier engagement rating Bank BTN turut meningkat dari rating D di 2020 menjadi C di 2021. Rating C sendiri berarti perusahaan telah memasuki level awareness terkait perubahan iklim, memiliki pemahaman terkait isu perubahan iklim dan dampak yang dihasilkan," papar Deni, orang dekat Luhut Binsar Panjaitan ini, Selasa (16/8).
 
Tahun ini, kata Deni, BTN kembali merespons kuesioner climate change CDP dengan harapan adanya kenaikan rating di masa depan. Hasil rating akan terpublikasi secara serentak di seluruh dunia pada Desember 2022.

Baca juga : Bharada E Jadi Banyak Senyum

Di Indonesia sendiri, kata Deni, BTN menjadi satu-satunya perbankan yang merespons kuesioner climate change, mendapatkan rating penilaian, dan dipublikasikan pada situs resmi CDP.

Sementara  di antara 12 bank nasional lainnya, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, Bank Mega, Bank Permata, Bank Pan Indonesia, Bank Danamon, Bank KB Bukopin, Bank DKI, Bank BTPN Syariah, hanya BTN yang telah merespons kuesioner climate change periode 2022.

Beberapa bank nasional menggunakan agensi rating ESG lain, seperti MSCI, Sustainalytics, ISS ESG, Dow Jones Sustainability Indices, dan lainnya.
 
“Kami mengapresiasi inisiatif dan konsistensi dari BTN dalam memerangi perubahan iklim. BTN telah memetakan berbagai risiko dan peluang terkait perubahan iklim, mengukur dampak finansial yang terjadi, serta mengukur strategi dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi risiko dan peluang perubahan iklim," papar Deni.

Baca juga : Bulan Bintang Tegaskan Sebagai Partai Moderat

Berbagai kegiatan penghematan energi dan pembiayaan hijau, kata Deni, telah dilakukan selaras dengan program-program Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) perusahaan.

"Dengan transparansi dan usaha peningkatan kinerja perubahan iklim, BTN turut berkontribusi dalam upaya pencapaian penurunan emisi nasional dan global," ungkapnya.
 
Asal tahu saja, CDP merupakan organisasi independen dengan tingkat kredibilitas tinggi. Lembaga ini memegang koleksi data global terbesar mengenai perubahan iklim, hutan, dan air perusahaan dan menjadi jantung keputusan bisnis, investasi, serta kebijakan bisnis.

Lembaga CDP berdiri sejak tahun 2000, berpusat di London, United Kingdom. Platform ini telah digunakan sekitar 590 investor dengan sumber kapital US$ 110 triliun, dan sekitar 9.600 perusahaan di seluruh dunia, termasuk Bank BTN. 

Baca juga : Marquez Yakin Joan Mir Jadi Rekannya Di Repsol Honda

Berdasarkan Rate the Raters 2020, Investor Survey and Interview Results yang dilaksanakan oleh SustainAbility-ERM Group Company, CDP memiliki kualitas rating Environmental, Social dan Governance terbaik dan kredibel untuk tahun 2020, di atas MSCI ESG Rating, Bloomberg ESG Disclosure Score dan lembaga rating ESG lainnya. 
 
Untuk itu, BTN memilih CDP sebagai organisasi lingkungan yang dapat mengevaluasi kinerja lingkungan perusahaan. Nilai A, B, C, D, F bukanlah sekedar nilai tapi akan menentukan masa depan perusahaan dengan adanya perubahan iklim yang semakin nyata. 

Dengan pencapaian di tahun 2021 dan konsistensi pengungkapan sampai tahun 2022, tentu menjadi langkah yang sangat baik bagi BTN.  Dengan adanya komitmen dari direksi dan seluruh komponen perusahaan, diharapkan BTN mencapai level management di tahun 2022. 

Kinerja Direksi dan perusahaan dapat pula ditingkatkan dengan tambahan rating dari agensi rating ESG lainnya, karena tidak ada peluru perak dalam melihat kinerja ESG.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.