Dark/Light Mode

Gelar Pasar Rakyat & Bazaar UMKM, Pupuk Kaltim Diapresiasi Banyak Pihak

Jumat, 7 Oktober 2022 14:14 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

 Sebelumnya 
Melalui kegiatan ini, Erriza berharap masyarakat lebih terbantu mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, di tengah kondisi naiknya harga komoditas di pasaran. Begitu juga, UMKM binaan yang difasilitasi selama kegiatan, dapat semakin berdaya dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat.

“Pupuk Kaltim akan terus berkomitmen dalam mendorong UMKM yang lebih berdaya, sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat melalui realisasi program yang lebih tepat sasaran,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menilai, program pasar rakyat dan bazaar UMKM ini sejalan dengan upaya pemerintah khususnya Kementerian BUMN, agar badan usaha berperan dalam mengatasi kesenjangan sosial. Sekaligus, mendorong kesejahteraan masyarakat. Terlebih, pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir berimbas ke berbagai sektor.

Baca juga : Berkas Sambo Cs P21, Kapolri Jawab Keraguan Banyak Pihak

"Ini salah satu bentuk manfaat BUMN bagi masyarakat, dengan turun langsung membantu pemenuhan kebutuhan di tengah kondisi sulit saat ini. Begitu pula dalam memajukan UMKM, dukungan yang diberikan diharap mendorong pelaku usaha kembali tumbuh dan berkembang," ungkap Arya.

Selain itu, pembinaan pelaku UMKM merupakan salah satu target pemerintah dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan. Hal ini, sambung Arya, salah satunya disikapi dengan memberikan kemudahan akses permodalan untuk menciptakan peluang usaha.

"Ke depannya, keluarga pra sejahtera semakin didorong menjadi sejahtera. Baik melalui implementasi TJSL masing-masing BUMN, maupun program langsung Pemerintah," ujar Arya. 

Baca juga : Perluas Pasar UMKM, KAI Sediakan Etalase dan E-Katalog Di Stasiun

Sementara itu Wali Kota Samarinda Andi Harun menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda juga berupaya menciptakan peluang ekonomi baru bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Mari, kita terus perkuat sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah dan BUMN di daerah dalam mensukseskan pembangunan," ujarnya.

Salah satu penerima manfaat Nuryani, warga Telok Lerong Ilir Samarinda Ulu mengaku, dirinya sangat terbantu dengan Pasar Rakyat Pupuk Kaltim. Terlebih, di tengah tingginya harga komoditas di pasaran dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga : PAN Nggak Khawatir Capresnya Ditolak KIB

Menurutnya, program ini tepat karena manfaat yang langsung dirasakan masyarakat. "Syaratnya juga mudah, tinggal bawa KTP. Kami bisa dapat bahan pokok dengan harga yang sangat terjangkau, semoga program ini bisa terus berkelanjutan," harap Nuryani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.